Analisis Relevansi Nilai atas Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017

Elizabeth, Santiya (2019) Analisis Relevansi Nilai atas Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (837kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Dunia bisnis semakin dihadapkan pada permasalahan terkait dengan tanggung jawab lingkungan. Hal ini dikarenakan terjadinya afirmasi peraturan terkait lingkungan disertai dengan berkembangnya tuntutan masyarakat terhadap tanggung jawab lingkungan perusahaan. Salah satu bentuk pertanggungjawaban lingkungan yang dapat dikontribusikan oleh perusahaan ialah melalui kinerja lingkungan yang baik dan disertai dengan pengungkapan lingkungan. Informasi terkait lingkungan kemudian juga telah menjadi perhatian investor dalam analisis investasi mereka. Informasi terkait lingkungan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengambilan keputusan, meminimalkan risiko dan mengoptimalkan pengembalian jangka panjang. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis relevansi nilai atas kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia. Desain penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, yaitu laporan tahunan, laporan berkelanjutan, harga saham, dan peringkat PROPER yang dicapai oleh masing-masing perusahaan. Semua data tersebut merupakan data sekunder. Obyek peneitian ialah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan tidak terbukti memiliki relevansi nilai bagi pengambilan keputusan. Namun, pengungkapan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur pada laporan tahunannya terbukti memiliki relevansi nilai dengan pengaruh yang bersifat positif. Hal ini menunjukkan adanya fenomena evolusi relevansi nilai, dimana investor tidak hanya mempertimbangkan informasi keuangan, tetapi juga informasi non keuangan, yakni pengungkapan lingkungan dalam keputusan investasinya. Kata Kunci: relevansi nilai, kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Relevansi nilai, kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6636 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 07:28
Last Modified: 01 Feb 2019 01:57
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17549

Actions (login required)

View Item View Item