Pengaruh konsentrasi bubuk daun beluntas (Pluchea indica Less.)-teh hitam (Camellia sinensis) dalam air seduhan terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik bakpao

Novitasari, Evangeline (2019) Pengaruh konsentrasi bubuk daun beluntas (Pluchea indica Less.)-teh hitam (Camellia sinensis) dalam air seduhan terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik bakpao. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Beluntas merupakan tanaman yang sering ditemui di pinggir jalan sebagai pagar jalan. Daun beluntas memiliki kandungan senyawa tanin, sterol, fenol dan senyawa lainnya. Salah satu pemanfaatan daun beluntas adalah penggunaan air seduhan daun beluntas dengan teh hitam ke dalam bakpao. Pada penelitian sebelumnya didapatkan bubuk daun beluntas-teh hitam sebesar 1:3 (b/b). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi bubuk daun beluntas (Pluchea indica Less.)-teh hitam dalam air seduhan terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik bakpao. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktor tunggal. Faktor yang diteliti adalah konsentrasi daun beluntas-teh hitam dalam air seduhan sebesar 0, 6, 8, 10, 12 dan 14% (b/v). Setiap perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak empat kali. Parameter yang diuji adalah kadar air, kadar abu, kadar serat, tekstur, warna, daya kembang dan organoleptik. Data dianalisis statistik dengan anova (Analysis of Variance) pada α = 5%, jika terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji beda jarak nyata Duncan (Duncan’s Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi bubuk daun beluntas-teh hitam dalam air seduhan memberikan pengaruh nyata terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik bakpao. Bakpao beluntas-teh hitam terbaik dari hasil penelitian adalah menggunakan air seduhan beluntas-teh hitam dengan konsentrasi 12% (b/v) dengan kadar air sebesar 18,21%, daya kembang sebesar 46,69%, kadar abu sebesar 0,34%, kadar serat sebesar 0,0827%, nilai lightness sebesar 69,75, nilai chroma sebesar 23,40, nilai hue sebesar 73,00, nilai hardness 2694,93g, nilai adhesiveness sebesar 5,89g dan cohesiveness sebesar 0,800g.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Bakpao, beluntas, teh hitam, air seduhan, fisikokimia dan organoleptik
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 6546 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 08:09
Last Modified: 30 Jan 2019 08:09
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17553

Actions (login required)

View Item View Item