Analisis fraud diamond dalam mendeteksi financial statement fraud (Studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Rini, Hanin Ditya Ayu Puspita (2019) Analisis fraud diamond dalam mendeteksi financial statement fraud (Studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan (financial statement) merupakan sarana yang penting untuk suatu perusahaan dimana laporan keuangan digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan dan kondisi keuangan perusahaan. Manajemen harus berusaha untuk menyajikan laporan keuangan dengan baik, sehingga hal ini menjadi dorongan bagi manajemen untuk memanipulasi laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya financial statement fraud dengan menggunakan faktor-faktor yang terdapat dalam fraud diamond yaitu pressure (tekanan), opportunity (peluang), rationalization (rasionalisasi) dan capability (kapabilitas) dengan menggunakan earnings management. Penelitian ini menganalisis faktor pressure dengan financial stability, external pressure dan financial targets, faktor opportunity dengan nature of industry, faktor rationalisasi dengan auditor changes dan capability dengan direction changes. Masing-masing menggunakan proksi untuk pengukurannya. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 dengan total keseluruhan sampel sebanyak 200 perusahaan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel financial stability yang diukur dengan rasio perubahan aset (ACHANGE), external pressure yang diukur dengan hutang (LEV), financial targets yang diukur dengan rasio perputaran aset (ROA), dan variabel nature of industry yang diukur dengan rasio piutang (RECEIVABLE) berpengaruh terhadap financial statement fraud. Sedangkan rationalization yang diukur dengan pergantian auditor (AUDCHANG) dan capability yang diukur dengan pergantian direksi (DCHANGE) tidak berpengaruh terhadap financial statement fraud.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Fraud, fraud diamond, financial statement fraud, earnings management
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6597 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2019 06:09
Last Modified: 31 Jan 2019 04:40
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17580

Actions (login required)

View Item View Item