Penyusunan laporan keuangan UMKM berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil dan menengah (SAK-EMKM) (Studi kasus di UMKM Kerupuk Sinar Jaya Sidoarjo)

Setiowati, Melisa (2018) Penyusunan laporan keuangan UMKM berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil dan menengah (SAK-EMKM) (Studi kasus di UMKM Kerupuk Sinar Jaya Sidoarjo). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia. Jumlah UMKM terus bertambah dari tahun ke tahun. Kendala utama yang dihadapi pelaku UMKM adalah permodalan. UMKM sulit mendapatkan akses perkreditan karena tidak memiliki laporan keuangan. Pengajuan kredit membutuhkan laporan keuangan untuk menilai kondisi usaha sebagai dasar pertimbangan dalam memperkirakan jumlah kredit yang akan diberikan. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah menerbitkan SAK EMKM (Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah). SAK EMKM merupakan standar akuntansi keuangan yang sederhana untuk memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan UMKM. Penelitian dengan metode deskriptif ini bertujuan untuk membantu UMKM Kerupuk Udang Sinar Jaya Sidoarjo memahami proses penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi bukti-bukti transaksi. Penelitian dimulai dengan mendatangi lokasi Kerupuk Udang Sinar Jaya Sidoarjo untuk melakukan wawancara dengan pemilik UMKM dan mengidentifikasi transaksi. Transaksi yang telah dikumpulkan kemudian dicatat ke dalam jurnal umum, lalu memindahkan ayat jurnal ke buku besar. Beberapa akun yang membutuhkan penyesuaian akan dicantumkan ke dalam jurnal penyesuaian. Tahap selanjutnya adalah menyusun neraca saldo untuk mengetahui saldo akhir setiap akun. Tahap terakhir adalah menyusun laporan keuangan sesuai SAK EMKM. Hasil penelitian ini adalah laporan keuangan UMKM Kerupuk Udang Sinar Jaya Sidoarjo periode November 2018 yang terdiri dari laporan laba rugi laporan posisi keuangan, dan catatan atas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: UMKM, SAK EMKM, laporan keuangan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6655 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2019 02:02
Last Modified: 01 Feb 2019 09:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17670

Actions (login required)

View Item View Item