Perencanaan unit pengawasan mutu pabrik pembekuan udang windu block frozen (bf) head less (hl) dengan kapasitas bahan baku 15.000 kg/hari

Untung, Rosa Amelia (2012) Perencanaan unit pengawasan mutu pabrik pembekuan udang windu block frozen (bf) head less (hl) dengan kapasitas bahan baku 15.000 kg/hari. Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)). Faculty of Agricultural Technology, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[thumbnail of BAB 8]
Preview
Text (BAB 8)
BAB 8.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam di bidang perikanan. Salah satu contoh hasil perikanan Indonesia yang banyak diekspor ke luar negeri adalah udang tetapi udang mudah mengalami kerusakan (most perishable food) sehingga perlu dilakukan suatu proses yang dapat mempertahankan mutu bahan selama distribusi, yakni dengan pembekuan dalam bentuk Block Frozen (BF). Unit pengendalian mutu dibutuhkan agar mutu produk tetap bagus dan terjaga kualitasnya sehingga produk yang dihasilkan konsisten sesuai standar yang telah ditetapkan dan dapat diterima oleh konsumen. Unit pengawasan mutu direncanakan pada pabrik pembekuan udang windu block frozen head less dengan kapasitas bahan baku 15.000 kg/hari. Pengawasan mutu dilakukan terhadap bahan baku yang digunakan, proses produksi, serta produk akhir yang dihasilkan. Kelayakan suatu unit pengawasan mutu ditentukan oleh aspek teknis dan ekonomis. Aspek teknis meliputi sumber daya manusia, prosedur dan pelaksanaan kegiatan pengawasan mutu serta sarana dan prasarana yang digunakan. Aspek ekonomis meliputi total biaya unit pengawasan mutu yang direncanakan terhadap harga jual produk akhir. Perencanaan unit pengawasan mutu pembekuan udang windu block frozen head less dengan kapasitas bahan baku 15.000 kg/hari layak secara teknis karena sumber daya manusia yang digunakan berkualifikasi, prosedur dan pelaksanaan kegiatan pengawasan mutu sesuai dengan standar yang ditetapkan, letak ruang pengawasan mutu strategis sehingga kegiatan pengawasan mutu dapat berlangsung efektif dan efisien serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap. Unit pengawasan mutu dikatakan layak dari aspek ekonomis apabila tidak melebihi 4% dari total biaya produksi. Jadi, unit pengawasan mutu yang direncanakan dapat dikatakan layak secara ekonomis karena biaya unit pengawasan mutu per unit BF (1,814kg) adalah Rp. 264,99 dengan presentase sebesar 0,24% dari total biaya produksi.

Item Type: Monograph (Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Udang windu, head less, pengawasan mutu
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Rani .
Date Deposited: 13 Feb 2019 10:53
Last Modified: 13 Feb 2019 10:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17820

Actions (login required)

View Item View Item