Perencanaan sanitasi pada pabrik pembekuan udang frozen block peeled deveined tail on (PDTO) black tiger dengan kapasitas 10 ton per hari

Kosasih, Christina (2012) Perencanaan sanitasi pada pabrik pembekuan udang frozen block peeled deveined tail on (PDTO) black tiger dengan kapasitas 10 ton per hari. Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)). Faculty of Agricultural Technology, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)

Abstract

Udang merupakan salah satu makanan yang memiliki nilai gizi tinggi dan digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di dunia. Permintaan udang menurut Indonesia Finance Today (2011) adalah 2.285 ton dan diprediksikan akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Karakteristik spesifik udang yang mudah rusak membuat udang harus disimpan pada suhu yang rendah dengan kondisi yang tepat. Salah satu aspek penting dalam pengolahan udang adalah dengan menerapkan sistem sanitasi yang baik dan sesuai dengan GMP (Good Manufactoring Practices). Penyusunan laporan tugas perencanaan unit pengolahan pangan (PUPP) bertujuan untuk menampilkan penerapan sanitasi yang baik pada pabrik pembekuan udang blok dengan jenis udang Black Tiger dan jenis produk Peeled Deveined Tailed On (PDTO) dengan kapasitas 10 ton per hari. Penerapan unit sanitasi pada pabrik pembekuan udang dimulai dari penerimaan bahan baku sampai proses penyimpanan udang beku. Sanitasi yang dilakukan meliputi sanitasi pekerja, air, bangunan, mesin dan peralatan, serta lingkungan pabrik. Penerapan sanitasi didukung dengan adanya fasilitas sanitasi dan penggunaan bahan-bahan sanitasi yang sesuai dengan kebutuhan sanitasi. Frekuensi penerapan sanitasi dan jumlah penggunaan bahan sanitasi disesuaikan dengan kebutuhan pada tiap unit proses. Kelayakan sistem sanitasi ditentukan dari evaluasi aspek teknis (bahan dan peralatan sanitasi yang digunakan dan kegiatan sanitasi yang dilakukan), dan ekonomis (biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan sanitasi selama setahun). Evaluasi aspek teknis menunjukkan perencanaan sistem sanitasi pada pabrik pembekuan udang layak untuk diterapkan. Perencanaan sistem sanitasi juga layak secara ekonomis karena biaya sanitasi per blok udang adalah Rp 2049,00 dengan persentase biaya sanitasi 2,20% yang termasuk dalam kisaran 2-6% dari total biaya produksi (TPC).

Item Type: Monograph (Technical Report (Perencanaan Unit Pengolahan Pangan (FTP), Makalah Komprehensif (FTP)))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sanitasi, frozen block peeled deveined tailed on (PDTO) black tiger
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Rani .
Date Deposited: 20 Feb 2019 01:48
Last Modified: 20 Feb 2019 01:48
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17834

Actions (login required)

View Item View Item