Laporan Kerja Praktek PT. Multi Bintang Indonesia "Kinetika fermentasi beer dan perancang tangki" 3 September-31 Oktober 2018

Sim, Eric Santoso and Prayogo, Ricky Lucano Chandra (2018) Laporan Kerja Praktek PT. Multi Bintang Indonesia "Kinetika fermentasi beer dan perancang tangki" 3 September-31 Oktober 2018. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (779kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
Bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
Bab 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB IX.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

PT. Multi Bintang Indonesia merupakan anak perusahaan dari Heineken Company yang bergerak di bidang minuman beralkohol, produk dari PT. Multi Bintang Indonesia yang paling dikenal oleh masyarakat luas adalah bir bintang yang telah terkenal dengan kualitas dan mutu dari produknya. PT. MULTI BINTANG INDONESIA. Tbk sampan agung berlokasi Jl. Raya Mojosari - Pacet Km.50,SampangAgung Kecamatan Kutorejo,Kabupaten Mojokert,Jawa Timur. Awal mula proses pembuatan dimulai dengan proses mashing yaitu mencampurkan antara malt/barley dengan air, hal ini dilakukan untuk mengekstraksi protein dan glukan yang terdapat di dalam malt/barley. Proses selanjutnya dilanjutkan dengan menyaring slurry tersebut di dalam filter press agar filtrat atau yang disebut sebagai wort dapat terpisah dari padatan malt/barley. Wort yang diperoleh akan didosing dengan H3PO4 di dalam wort copper yang bertujuan untuk mengatur pH larutan, wort juga ditambahkan gula, ekstrak Hop (Hummulus lupulus), setelah penambahan dilakukan pemanasan agar protein yang terdapat di dalam wort dapat terdenaturasi. Setelah pemanasan di dalam wort copper larutan wort dipisahkan protein yang telah terdenaturasi dengan menggunakan whirlpool, di dalam whirlpool pemisahan dilakukan dengan menggunakan prinsip sentripetal, dimana larutan wort akan disemprotkan secara sentripetal agar protein yang terdapat di dalam wort akan mengendap ke bawah, di dalam whirlpool larutan wort juga ditambahkan zinc yang bertujuan untuk menambah nutrisi terhadap yeast. Wort yang telah siap untuk difermentasi akan dialirkan menuju Plate Heat Exchanger untuk didinginkan sampai suhu yang sesuai dengan kondisi yeast, wort dimasukkan ke dalam tangki fermentasi bersemaan dengan yeast yang disimpan di dalam yeast storage tank. Untuk melakukan 1 kali fermentasi dibutuhkan waktu sekitar 14-16 hari dari proses Pitching yeast. Perusahaan PT. Multi Bintang Indonesia, Tbk juga memiliki standar mutu untuk menjamin kualitas dari produknya, selama penyusun melakukan praktik kerja lapangan di perusahaan ini, pengawasan dan standar mutu yang dilakukan telah sesuai dengan prosedur yang ada sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang diinginkan dan kualitas yang tetap terjaga.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 5714 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:14
Last Modified: 30 Apr 2019 04:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/17847

Actions (login required)

View Item View Item