Empathy of Regular Junior High School Students on Children With Special Needs.

Meiliani, Rheni and Hapsari, Elisabet Widyaning (2015) Empathy of Regular Junior High School Students on Children With Special Needs. Anima Indonesia Psychological Journal, 30 (4). 201 -208. ISSN 0215-0158 (SK Akreditasi: 81/Dikti/Kep/2011, tgl. 15 Nov. 2011)

[thumbnail of Empathy of Regular Junior High School Students on Children With Special Needs.]
Preview
Text (Empathy of Regular Junior High School Students on Children With Special Needs.)
1-Empathy_of_regular_junior_....pdf

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Empathy of Regular Junior High School Students on Children With Special Needs_peer_review]
Preview
Text (Empathy of Regular Junior High School Students on Children With Special Needs_peer_review)
1-Empathy_of_Regular_.pdf

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of Empathy of Regular Junior High School Students on Children With Special Needs.]
Preview
Text (Empathy of Regular Junior High School Students on Children With Special Needs.)
1-Empathy_of_regular_junior_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) yang memperoleh pendidikan di sekolah reguler (umum) akan memunculkan empati atau sikap negatif, karena siswa reguler tidak dapat memahami dan memaklumi perilaku yang dimunculkan oleh ABK. Tujuan studi ini adalah mengetahui hubungan antara empati dan sikap terhadap ABK pada siswa reguler sebuah SMP di Surabaya. Subjek berusia 11-16 tahun (N = 25) yang pernah berinteraksi dengan ABK, diperoleh melalui studi populasi total. Data dihimpun melalui skala sikap terhadap ABK dan skala empati, kemudian dianalisis dengan non-parametrik Kendall‟s Tau-b correlation. Hasil analisis menunjukkan nilai r = .229 dan p = .124 (p >.5) berarti tidak ada hubungan antara empati dan sikap terhadap ABK pada siswa reguler SMP tersebut. Tidak ada hubungan empati dengan sikap terhadap ABK karena di dalam sikap terdapat komponen kognitif yang memiliki peran sebagai informasi dan empati yang dimiliki individu yang bersifat objektif dan situasional. Selain itu, tidak adanya hubungan antara kedua variabel dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti pengalaman, kebudayaan, proses belajar, kontak langsung, dan informasi. Secara deskriptif mayoritas subjek memiliki sikap cukup positif hingga sangat positif (92%) dan empati terhadap ABK pada kategori sedang sampai sangat tinggi (96%).

Item Type: Article
Additional Information: No. Akreditasi: 81/Dikti/Kep/ 2011, November 2011
Uncontrolled Keywords: sikap, empati, kebutuhan khusus
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 19 Mar 2019 02:04
Last Modified: 12 Jun 2019 04:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18162

Actions (login required)

View Item View Item