Laporan Kerja Praktek PT. Angkasagracia Mukti Pasuruan

Stephanie, Fransisca and Sari, Tirta Mutiara (2018) Laporan Kerja Praktek PT. Angkasagracia Mukti Pasuruan. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Indonesia. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB 9.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

PT. Angkasagracia Mukti Pasuruan berlokasi di Dusun Talun, Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Pabrik ini terdiri dari beberapa divisi, yaitu foam, Ethyl Vinyl Acetate, dan galon. Divisi yang akan dibahas dalam bab selanjutnya adalah divisi galon. Kapasitas produksi total perhari sebesar 8000 galon/hari. Produk yang dihasilkan PT. Angkasagracia Mukti dikirimkan kepada beberapa perusahaan air minum. Beberapa perusahaan air minum tersebut adalah : 1. PT. Tirta Investama (Aqua) 2. PT. Tirta Investama (VIT) 3. Sumber Bening Lestari (Flow) 4. PT. Narmada Awet Muda (Narmada) 5. PT. Sumber Tirta Alami (Sutami) 6. PT. Erindo Mandiri (Aquase) 7. PT. Tirta Mulia Abadi (JS) 8. PT. Aneka Tirta Sukoindo (Aqucui) 9. PT. Tirta Yakin Sejahtera (Amsil) 10. PT. Triasta Sejahtera (Gris) Dalam memproduksi galon dibutuhkan bahan baku Poly Carbonate (PC) sebagai bahan baku utama, dan bahan baku penunjang antara lain: pigment. Proses pengolahan PC menjadi galon dibagi menjadi dua proses, yaitu: proses mixing dan proses molding. Proses mixing bertujuan untuk mencampurkan PC jenis split bottle, flashing, dan resin PC virgin. Sedangkan proses molding bertujuan untuk mencetak galon. Sistem utilitas PT. Angkasagracia Mukti untuk memberi pasokan listrik, udara kering bertekanan, dan air ke seluruh proses produksi. Pasokan listrik didapatkan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sedangkan untuk pasokan air yang dibutuhkan oleh PT. Angkasagracia Mukti akan dipenuhi oleh air dari air tanah. Air ini digunakan sebagai media pencucian dan chiller. Penyediaan air pendingin didapat dari sistem chiller dengan suhu air keluar berkisar antara 18-24oC. Udara kering bertekanan didapatkan dari kompresor dengan tekanan sekitar 5-8 bar dan kapasitas 37 dan 100 hp. Struktur Organisasi yang digunakan oleh PT. Angkasagracia Mukti Pasuruan adalah berbentuk lini dan staf. Struktur organisasi PT. Angkasagracia Mukti dirancang untuk mendukung seluruh aktivitas produksi dan pemasaran produk yang dihasilkan. Bentuk struktur organisasi garis berarti seorang manajer memiliki wewenang langsung untuk mengambil keputusan sesuai dengan tugas dan bidang yang diberikan untuk mencapai tujuan bersama. Bentuk organisasi staf menggambarkan unsur organisasi yang membantu wewenang secara fungsional dalam usaha mereka secara efektif. Tugas khusus yang telah diberikan adalah cara untuk meminimalisir black spot pada produk. Dimana black spot ini keberadaanya tidak diinginkan karena dapat mengurangi nilai estetika dan mengurangi homogenitas produk. Meminimalisir jumlah blackspot dilakukan dengan pemisahan debu secara bertahap, yaitu pada proses pengayakan I, pengayakan II, dan proses pengeringan. Jumlah blackspot dapat dikurangi dengan melakukan pengasahan pisau secara berkala, pengosongan penampungan debu saat sudah terisi setengah, pembersihan MPC tank secara berkala, dan pembersihan tempat penampungan kerak.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 6791 not found.
Date Deposited: 09 May 2019 09:39
Last Modified: 09 May 2019 09:39
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18291

Actions (login required)

View Item View Item