Studi kuantitatif deskriptif perilaku bullying pada siswa kelas X dan kelas XI di SMKN "X" Pacitan

Irawan, Monika Yulia Kristina (2019) Studi kuantitatif deskriptif perilaku bullying pada siswa kelas X dan kelas XI di SMKN "X" Pacitan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstraksi (II).pdf

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Bullying merupakan bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja, yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang lebih kuat atau berkuasa, yang dilakukan untuk menyakiti dan berulang-ulang. Macam-macam bullying seperti bullying fisik, bullying verbal dan bullying psikis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran presentase siswa yang mengalami perilaku bullying dan mengalami perilaku bullying di sekolah SMKN “X” Pacitan. Subjek penelitian sebanyak 233 partisipan. Pengambilan data dilakukan dengan metode incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala terjemahan dari Adolescent Peer relations Instrument (APRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64% siswa atau 148 siswa dalam kategori rendah dalam melakukan perilaku bullying dan dan kategori sangat rendah sebesar 25% atau sebanyak 58 orang. Hasil data penelitian menunjukan bahwa 61% atau 140 siswa pada kategori rendah dalam mengalami perilaku bullying dan kategori sangat rendah 29% atau sebanyak 68 orang. Dari jenis- jenis bullying yang terjadi di sekolah tersebut, siswa cenderung melakukan dan mengalami bullying verbal dan bullying fisik. Subjek yang menjadi partisipan penelitian yang dominasinya merupakan siswa laki-laki, memiliki perilaku bullying kategori rendah dalam melakukan dan mengalami perilaku bullying. Jenis bullyingnya yang dilakukan lebih banyak bullying fisik dan verbal daripada melakukan bullying psikis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Uncontrolled Keywords: Bullying, siswa, korban, pelaku, intimidasi
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 6837 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 07:42
Last Modified: 02 Oct 2019 03:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18482

Actions (login required)

View Item View Item