Evaluasi pengendalian internal pada sistem penerimaan kas pendaftaran anggota baru prima credit union

Putri, Sella Hevina (2019) Evaluasi pengendalian internal pada sistem penerimaan kas pendaftaran anggota baru prima credit union. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Business. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Didalam perusahaan atau badan usaha, sistem penerimaan kas merupakan salah satu komponen penting yang menunjang kegiatan operasional. Sistem penerimaan kas yang tepat sangat diperlukan untuk mencapai perusahaan yang sehat. Oleh karena itu, sistem penerimaan kas yang tepat dapat ditinjau melalui pengendalian internal. Pengendalian internal memiliki peran penting dimana pengendalian internal digunakan oleh manajemen untuk merencanakan dan mengendalikan operasi perusahaan, membantu menyediakan informasi akuntansi yang handal untuk laporan keuangan, dan menjamin dipatuhinya hukum dan peraturan yang berlaku. Pengendalian internal yang memadai bermanfaat untuk mengatasi kelemahan-kelemahan, kemungkinan resiko kecurangan (fraud), serta meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk mengevaluasi pengendalian internal pada sistem penerimaan kas pendaftaran anggota baru di Prima CU Surabaya. Secara umum aktivitas pengendalian terkait sistem penerimaan kas pendaftaran anggota baru di Prima CU sudah cukup baik dan tepat. Karyawan sudah melaksanakan tugas sesuai dengan job desk masing-masing dengan baik. Dokumen terkait pendaftaran anggota baru seperti formulir Surat Permohonan Masuk Anggota (SPMA) dan slip setoran perancangannya sudah cukup memadai. Namun terdapat beberapa kelemahan, seperti masih banyak slip setoran yang tidak ditanda tangani oleh Teller dan penyetor. Tanda tangan petugas dan penyetor menunjukan transaksi telah diverifikasi dimana petugas dan penyetor bertanggungjawab atas transaksi pada slip setoran tersebut. Penulisan pada slip setoran juga tidak rapi yang berakibat pada perbedaan jumlah fisik yang disetorkan dengan saldo yang tertera dijurnal.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sistem Penerimaan Kas, Pengendalian Internal, Aktivitas Pengendalian, dan Kelemahan.
Subjects: Business > Accounting Diploma
Divisions: Faculty of Vocational > Accounting Diploma Study Program
Depositing User: Users 6873 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:58
Last Modified: 18 Jul 2019 02:58
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18600

Actions (login required)

View Item View Item