Efektivitas dan lama perlindungan sediaan spray minyak lemon eucalyptus dengan bahan pengikat minyak nilam sebagai penolak nyamuk culex quinquefaciatus dewasa

Zainury, Mochamad Rafdi (2019) Efektivitas dan lama perlindungan sediaan spray minyak lemon eucalyptus dengan bahan pengikat minyak nilam sebagai penolak nyamuk culex quinquefaciatus dewasa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy

Abstract

Minyak eukaliptus lemon merupakan minyak atsiri yang banyak kegunaan diantaranya sebagai penolak nyamuk yang merupakan vektor dari berbagai penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD), filariasis dan Japanese ensefalitis. Saat ini formula penolak nyamuk menggunakan bahan kimia DEET (n,n-diethyl-m-toluamide) yang memiliki efek samping terhadap kulit manusia, karena itu minyak eukaliptus lemon digunakan alternatif bahan aktif alam sebagai penolak nyamuk yang perlu dikembangkan. Telah dilakukan penelitian pembuatan formulasi penolak nyamuk dengan menggunakan bahan aktif eukaliptus lemon dalam bentuk sediaan spray. Pada formulasi ini ditambahkan minyak nilam sebagai fiksatif yang berfungsi sebagai penghambat atau mengurangi kecepatan penguapan dari minyak eukaliptus lemon. Pengujian menggunakan hewan coba nyamuk Culex quinquefaciatus sebanyak 25 ekor dibagi dalam 5 kelompok dan pengujian dilakukan selama 6 jam. Kelompok kontrol positif menggunakan soffel (diethyl-meta-toluamide), kelompok kontrol negatif diberikan spray tanpa minyak eukaliptus lemon, kelompok formula 1 (spray eukaliptus lemon 30% dengan minyak nilam 1%), kelompok formula 2 dengan (spray eukaliptus lemon 30% dengan minyak nilam 3%) dan kelompok formula 3 (spray eukaliptus lemon 30% dengan minyak nilam 5%). Hasil data dianalisis menggunakan uji one way ANOVA dan dilanjutkan uji Duncan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sediaan spray eukaliptus lemon dengan penambahan minyak nilam sebagai fiksatif memberikan efektivitas daya tolak terhadap nyamuk Culex quinquefaciatus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Anti nyamuk, minyak eukaliptus lemon, mimyak nilam, spray, fiksatif
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 6982 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 06:33
Last Modified: 12 Jul 2019 06:33
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18772

Actions (login required)

View Item View Item