Pengaruh kompetensi, tingkat pendidikan dan tekanan anggaran waktu audit terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan (Fraud)

Wibisono, Emmeline Evangelista (2019) Pengaruh kompetensi, tingkat pendidikan dan tekanan anggaran waktu audit terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan (Fraud). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK EMMELINE.pdf

Download (676kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 EMMELINE.pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 EMMELINE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 EMMELINE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 EMMELINE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 EMMELINE.pdf

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN EMMELINE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berkembangnya jaman secara tidak langsung diikuti oleh tiap-tiap perusahaan tidak terkecuali Kantor Akuntan Publik (KAP), dalam hal ini KAP berperan untuk dapat mengatasi permasalahan yang timbul dalam perusahaan. KAP untuk memberikan jasa auditor eksternal yang dapat mengatasi masalah-masalah yang ada, salah satu masalah yang utama adalah adanya praktik kecurangan yang dilakukan perusahaan baik secara tidak sengaja maupun yang disengaja. pendeteksian adanya salah saji merupakan tanggung jawab utama dilakukannya audit, tetapi tidak jarang terdapat auditor yang gagal dalam mendeteksi adanya kecurangan. Untuk itu perlu dipahami bahwa terdapat faktor – faktor tertentu yang dapat mempengaruhi kemampuan auditor mendeteksi kecurangan, faktor – faktor tersebut ialah kompetensi, tingkat pendidikan dan tekanan anggaran waktu audit. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan, (2) untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan, (3) untuk mengetahui pengaruh tekanan anggaran waktu audit terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian asosiatif kausal, dengan jenis data kuantitatif yang bersumber dari data primer. Data primer didapat dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada KAP yang ada didaerah Surabaya pada tahun 2019. Populasi pengambilan data adalah seluruh auditor yang bekerja pada KAP daerah Surabaya. Dengan teknik pengambilan sampel secara convenience sampling, sehingga responden dapat mudah untuk dihubungi. Teknik analisis data ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi berpengaruh negatif terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan (2) tingkat pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan, (3) tekanan anggaran waktu audit berpengaruh negatif signifikan terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Bussiness" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Tingkat Pendidikan, Tekanan Anggaran Waktu Audit dan Kemampuan Auditor Mendeteksi Kecurangan (fraud).
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7059 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2019 06:29
Last Modified: 09 Jul 2019 06:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18905

Actions (login required)

View Item View Item