Analisis pengaruh fraud diamond dalam mendeteksi financial statement fraud pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018

Widjiantoro, Yan Michellyn (2019) Analisis pengaruh fraud diamond dalam mendeteksi financial statement fraud pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan suatu catatan perusahaan yang berisi tentang informasi yang berkaitan dengan aktivitas pendanaan perusahaan maupun operasional perusahaan pada suatu periode. Perusahaan akan selalu menampilkan kinerja yang baik untuk menarik para pihak berkepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fraud diamond terhadap kecurangan laporan keuangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Objek penelitian yang di gunakan adalah sektor perbankan hang terdaftar di BEI 2014-2018 dengan total keseluruhan sampel sebanyak 175 sampel yang di pilih menggunakan purposive sampling. Elemen yang terdapat pada fraud diamond adalah tekanan(pressure) yang diukur dengan menggunakan variabel financial stability yang di proksikam denvan ACHANGE,variabel kedua yaitu personal financial need yang di proksikan dengan OSHIP, dan variabel ketiga yaitu financial target yang di proksikan dengan ROA. Kemudian elemen kesempatan (opportunity) yang di ukur menggunakan variabel ineffective monitoring yang d proksikan dengan BDOUT, elemen rasionalisasi (rationalization) yang di proksikan dengan AUDCHANGE dan yang terakhir adalah elemen kapabilitas (capabilty) yang d proksikan dengan DCHANGE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel financial stability, personal financial need, dan ineffective monitoring tidak berpengaruh terhadap financial statement fraud sedangkan financial target berpengaruh negatif terhadp financial statement fraud. Variabel rationalization dan capability berpengaruh positif terhadap financial statement fraud.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Financial statement fraud, fraud diamond, fraud
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 6999 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 09:46
Last Modified: 12 Jul 2019 00:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18940

Actions (login required)

View Item View Item