Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap kecurangan laporan keuangan

Lestari, Sri Ayu Endang (2019) Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap kecurangan laporan keuangan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (569kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)

Abstract

Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia harus menyajikan laporan keuangan pada setiap akhir periode akuntansi, hal ini dikarenakan laporan keuangan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kepada para investor dan pemegang saham. Mengingat pentingnya informasi yang terdapat dalam laporan keuangan dapat memotivasi manajer untuk memaksimalkan kinerja operasional perusahaan dengan melakukan kecurangan laporan keuangan. salah satu faktor penyebab kecurangan laporan keuangan adalah karakteristik perusahaan. karakteristik perusahaan adalah suatu identitas yanng membedakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan yaitu profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kecurangan laporan keuangan. Desain penelitian adalah kuantitatif dengan hipotesis. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015-2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Populasi sampel dalam penelitian adalah sebanyak 94 perusahaan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kecurangan laporan keuangan dan variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan. Hasil penelitian ini adalah profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan, leverage berpengaruh positif signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Hal ini dikarenakan perusahaan besar memiliki pengawasan yang baik sehingga semakin kecil terjadinya kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Karakteristik perusahaan, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan kecurangan laporan keuangan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7024 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:35
Last Modified: 11 Jul 2019 04:35
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item