Analisis dan perancangan siklus penjualan terkomputerisasi pada usaha pembuatan souvenir (Studi kasus pada usaha,mikro,kecil,menengah “Blessing Griya Mug”)

Rosari, Jessica Santa (2019) Analisis dan perancangan siklus penjualan terkomputerisasi pada usaha pembuatan souvenir (Studi kasus pada usaha,mikro,kecil,menengah “Blessing Griya Mug”). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi akuntansi merupakan sumber informasi yang berkaitan dengan keuangan yang didapatkan dalam suatu transaksi untuk mendukung pengambilan keputusan secara tepat. Salah satu bagian dari sistem informasi akuntansi adalah siklus penjualan. Siklus Penjualan merupakan kegiatan utama usaha yang sangat penting dalam menyediakan barang dan jasa untuk memperoleh pendapatan dan memajukan suatu kegiatan usaha. Blessing Griya Mug merupakan sebuah usaha mikro kecil menengah yang bergerak dibidang pembuatan souvenir seperti, mug, handuk, tumbler, celengan, hampers, payung dan sebagainya. Beberapa permasalahan yang dimiliki UMKM Blessing Griya Mug adalah tidak adanya dokumen sales order (SO) dan memo pesanan penjualan tidak berformat, dokumen tidak bernomer urut tercetak, seperti dokumen nota penjualan dan surat jalan, banyaknya jenis produk dan jenis kemasan yang memiliki harga berbeda – beda berdasarkan ukuran dan bahan, tidak memiliki sistem database atas pesanan penjualan yang pernah dipesan sebelumnya, terutama produk custom dan tidak adanya sistem peringatan (warning systems) untuk penyelesaian produksi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu usaha, mikro, kecil, menengah dalam menganalisis dan membuat rancangan terkait dengan siklus penjualan. Peneliti menggunakan jenis data kualitatif dengan menggunakan sumber data yang diperoleh dari wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan adanya usulan berupa perancangan siklus penjualan terkomputerisasi yang berkaitan dengan dokumen yang ada di UMKM Blessing Griya Mug seperti perancangan terkait dokumen Memo pesanan penjualan, Sales Order (SO), nota penjualan, dan surat jalan. Tidak hanya perancangan dokumen melainkan perancangan pesanan penjualan yang terhubung satu sama lain dengan data yang dibutuhkan di siklus penjualan, agar siklus penjualan yang ada berjalan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi, analisis dan perancangan, siklus penjualan
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7136 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2019 05:52
Last Modified: 10 Jul 2019 05:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/18958

Actions (login required)

View Item View Item