Pengaruh illusion of control dan penggunaan informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan investasi oleh investor non profesional

Satrya, Gabriele Amelinda (2019) Pengaruh illusion of control dan penggunaan informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan investasi oleh investor non profesional. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (981kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Pengambilan keputusan investasi yang dilakukan seorang investor dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut beberapa diantaranya adalah faktor psikologis dan informasi. Informasi ini merupakan hal yang penting dan riskan dikarenakan memberikan banyak pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi, pertimbangan tersebut yang menentukan investor akan mendapat keuntungan atau kerugian saat akan mengambil keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh illusion of control dan informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan investasi oleh investor non profesional. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen 2x2 (between subject). Variabel independen dalam penelitian ini adalah illusion of control dan informasi akuntansi. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengambilan keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan partisipan mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang telah atau sedang menempuh mata kuliah Manajemen Portofolio dan Investasi. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan uji ANOVA. Hasil dari penelitian ini adalah illusion of control dan informasi akuntansi tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi. Hasil ini ditemukan karena seorang dengan keyakinan lebih tidak menentukan orang yang bersangkutan dalam pengambilan keputusan investasi. Demikian pula dengan informasi akuntansi. Adanya perbedaan pada rata-rata masing-masing variabel tetap menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Namun dari kedua variabel tersebut menunjukkan adanya interaksi dari illusion of control dan informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Illusion of control, informasi akuntansi, pengambilan keputusan investasi
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7040 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:30
Last Modified: 11 Jul 2019 01:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19021

Actions (login required)

View Item View Item