Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi audit judgment pada kantor akuntan publik di Surabaya

Susilowati, Asti (2019) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi audit judgment pada kantor akuntan publik di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (723kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Kantor Akuntan Publik didirikan dan telah mendapatkan izin dari Menteri Keuangan Indonesia yang bertujuan melakukan jasa audit atau memeriksa laporan keuangan suatu entitas. Dalam melakukan jasa audit, auditor membutuhkan informasi-infromasi dan data-data yang berkaitan dengan laporan keuangan apakah laporan tersebut sudah sesuai dengan SAK. Standar Akuntansi Keuangan dibuat oleh lembaga Ikatan Akuntan Indonesia. Namun seringkali auditor memberikan jasa audit tidak sesuai dengan informasi dan data yang auditor dapat dari perusahaan. Pada dewasa ini, perusahaan sudah diaudit oleh auditor tetapi auditor memberikan pendapat atau pertimbangan (judgment) tidak sesuai dan menyebabkan kecurangan-kecurangan yang timbul, hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya judgment pada kantor akuntan publik. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Audit Judgment, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah tekanan anggaran waktu, kompleksitas tugas, kompetensi profesional, tekanan ketaatan, pengalaman auditor. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa tanggapan tertulis dari auditor yang tertera pada lembar kuesioner yang dibagikan kepada auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di kota Surabaya. Metode pengumpulan data adalah menggunakan survei. Objek pada penelitian ini adalah auditor yang bekerja di KAP yang berada di wilayah Surabaya. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional memiliki pengaruh positif terhadap audit judgment. Sedangkan variabel tekanan anggaran waktu, kompleksitas tugas, tekanan ketaatan, pengalaman auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap audit judgment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Bussiness" not defined]
Uncontrolled Keywords: Audit judgment, Tekanan Anggaran Waktu, Kompleksitas Tugas, Kompetesnsi Profesional, Tekanan Ketaatan, Pengalaman Auditor.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7083 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 09:29
Last Modified: 12 Jul 2019 08:21
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/19091

Actions (login required)

View Item View Item