Analisis penerapan sistem pengendalian mutu pada kantor akuntan publik Teramihardja, Pradhono, dan Chandra Surabaya

Kusuma, Hendarto (2019) Analisis penerapan sistem pengendalian mutu pada kantor akuntan publik Teramihardja, Pradhono, dan Chandra Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Proses bisnis suatu entitas harus dipahami oleh shareholder. Shareholder melakukan pengawasan dan membutuhkan informasi tentang aktivitas suatu entitas yang dikendalikan oleh manajemen. Manajemen menyusun laporan keuangan yang berisi aktivitas-aktivitas entitas tersebut sebagai pertanggung jawaban pada shareholder. Dalam pengujian keandalan informasi dalam laporan keuangan, shareholder menugaskan auditor eksternal untuk melakukan pemeriksaan laporan keuangan. Terdapat banyak kegagalan pemberian jasa akuntan publik yang disebabkan kasus pelanggaran standar profesi dan kode etik oleh Kantor Akuntan Publik, membuat kualitas laporan keuangan auditan menjadi pertanyaan publik. Oleh karena itu kualitas asurans atas jasa audit yang diberikan oleh Kantor Akuntan Publik direviu oleh IAPI. Kantor Akuntan Publik wajib menerapkan semua unsur sistem pengendalian mutu berdasarkan Standar Pengendalian Mutu (SPM) dalam Standar Profesional Akuntan Publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi penerapan sistem pengendalian mutu berdasar Standar Profesional Akuntan Publik di Kantor Akuntan Publik Teramihardja, Pradhono, dan Chandra Surabaya. Objek penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik (KAP) Teramihardja, Pradhono, dan Chandra Surabaya. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan analisis deskriptif. Teknis analisis data dilakukan dengan mendokumentasikan gambaran umum objek penelitian, wawancara terkait sistem pengendalian mutu, menyajikan data dalam bentuk narasi deskriptif, membandingkan data yang didapat dari wawancara dengan teori, kemudian menyimpulkan hasil perbandingan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa KAP telah menerapkan semua unsur sistem pengendalian mutu dalam SPM No. 1 tahun 2013. Namun, dalam unsur sumber daya manusia kurang lengkap diterapkan oleh KAP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sistem pengendalian mutu, kantor akuntan publik, kualitas audit, standar profesional akuntan publik, standar pengendalian mutu
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7094 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:17
Last Modified: 11 Jul 2019 06:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19112

Actions (login required)

View Item View Item