Fricintya, Anastasia Lucita (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Seminari Santo Yohanes Paulus II Labuan Bajo pada pokok bahasan gelombang bunyi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (166kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran diujicobakan di kelas XI MIPA SMA Katolik Seminari Santo Yohanes Paulus II Labuan Bajo. Hasil validasi silabus memperoleh skor 3,50 dengan kategori “sangat valid”, RPP 3,39 dengan kategori “valid”, Buku Ajar 3,51 dengan kategori “sangat valid”, LKPD 3,69 dengan kategori “sangat valid”, dan Rencana Evaluasi 3,71 dengan kategori “sangat valid”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,86 dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,59 dengan kategori “sedang” dan presentase respon peserta didik adalah 86,75% dengan kategori “sangat positif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika pokok bahasan gelombang bunyi dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Katolik Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 7275 not found. |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 02:19 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 02:19 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19259 |
Actions (login required)
View Item |