Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan Momentum dan Impuls di SMA Negeri 7 Surabaya Kelas X MIPA-2

Batik, Sabina Yuniarty Dua (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan Momentum dan Impuls di SMA Negeri 7 Surabaya Kelas X MIPA-2. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan baik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik beserta jawabannya, dan Rencana Evaluasi. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasi, Evaluation). Perangkat pembelajaran ini telah diujicobakan kepada 33 peserta didik kelas X MIPA-2 di SMA Negeri 7 Surabaya. Data hasil validasi menunjukan bahwa Silabus dengan skor 3,50 memiliki kategori sangat valid; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan skor 3,38 memiliki kategori Valid; Buku Ajar dengan skor 3,13 memiliki kategori valid; Lembar Kerja Peserta Didik dengan skor 3,08 kategori valid; dan Rencana Evaluasi dengan skor 3,25 memiliki kategori valid; Keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran menunjukkan rata-rata skor 3,57 dengan kategori sangat baik; hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 0,70. Rata-rata respon peserta didik terhadap pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan tipe Student Team Achievement Division (STAD) sebesar 83,25%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
UNSPECIFIED
Winata, Wagimin Wahyu
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STAD MOMENTUM IMPULS
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7272 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:44
Last Modified: 23 Jan 2020 04:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19260

Actions (login required)

View Item View Item