Pengembangan media pembelajaran berbasis papan permainan Jumanji Physics pada pokok bahasan momentum impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA 17 Agustus 1945 Surabaya

Prasetyo, Agung (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis papan permainan Jumanji Physics pada pokok bahasan momentum impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Papan Permainan “Jumanji Physics” Pada Pokok bahasan momentum impuls untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis papan permainan yang dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Media pembelajaran yang dikembangkan beriskan materi momentum impuls. Pada tahap analisis kebutuhan peserta didik, 88,89 % peserta didik menyatakan membutuhkan media pembelajaran berbasis papan permainan untuk lebih membantu memahami materi fisika. Responden adalah siswa kelas X SMA 17 Agustus 1945 Surabaya berjumlah 90 orang. Media ini dilengkapi dengan perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikategorikan sangat valid dan Rencana Evaluasi (RE) dikategorikan valid oleh ahli. Media pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan sangat valid oleh ahli. Rata-rata penilaian peer review dalam uji terbatas mengkategorikan media ini sangat baik. Hasil belajar siswa dinilai berdasarkan hasil pre-test dan post-test, dihasilkan nilai N-Gain sebesar 0,65 dan berada dalam kategori sedang. Keterlaksanaan RPP dikategorikan sangat baik. Berdasarkan angket respon peserta didik memberikan respon positif dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Jumanji Physics, media pembelajaran berbasis permainan, impuls momentum, peningkatan hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7276 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 02:28
Last Modified: 19 Jul 2019 02:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19271

Actions (login required)

View Item View Item