Penyesuaian diri pada remaja awal di lingkungan sekolah

Cahyani, Septian Indah (2019) Penyesuaian diri pada remaja awal di lingkungan sekolah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of BAB 7]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penyesuaian diri tidak semua individu sama berhasilbanyak hambatan yang menyebabkan seseorang tidak bisa melakukan penyesuaian diri, akibatnya siswa yang tidak dapat melakukan penyesuaian diri lebih baik akan merasakan tekanan dan banyak konflik terhadap tuntunan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian mengetahui penyesuaian diri adaptasi, Konformitas, mastery, individual variation remaja awal di lingkungan sekolah. Rancangan penelitian menggunakan Deskriptif. Variabel dalam penelitian ini penyesuaian diri pada remaja awal di lingkungan sekolah dengan sub variabel adaptasi, konformitas, mastery, individual variation. Populasinya adalah remaja SMP yang berusia 11 – 13 tahun di kelas VII SMP Pawiyatan Surabaya sebanyak 107 orang. Sampel sebagian populasi 85 orang dengan teknik simple random sampling. Instrumen kuesioner penyesuaian diri. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif mean, standar deviasi dan persentase. Hasil penelitian yang di dapat penyesuaian diri sedang sebesar 46%, penyesuaian diri adaptasi terbanyak sedang 54%, penyesuaian diri konformitas tinggi sebesar 39%, penyesuaian diri mastery sedang 43% dan penyesuaian diri individual variation sedang 46% Sebagian remaja cukup mampu melakukan penyesuaian diri di lingkungan sekolah dengan memiliki hubungan yang baik, tidak mudah marah, mengenal kelebihan dan kekurangan diri, dapat menghindari dari sikap menyimpang terhadap moral, sosial dapat menanggapi masalah dengan baik dan adanya rasa kepuasaan pada remaja tersendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Nursing" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, adaptasi, konformitas, mastery, individual variation, remaja awal, lingkungan sekolah
Subjects: Nursing Science
Divisions: Faculty of Nursing > Nursing Science Study Program
Depositing User: Users 7230 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:26
Last Modified: 14 Aug 2019 02:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19275

Actions (login required)

View Item View Item