Waso, Monika Angelin Dolu (2018) Studi pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian menurut PERMENKES nomor 35 tahun 2016 di Apotek milik PSA wilayah Surabaya Timur. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FIX.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (22kB) | Preview |
Text (BAB 2)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
bab 5.pdf Download (297kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
fix_Lampiran A5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Apoteker mempunyai kewajiban untuk mengatur, mengendalikan dan bertanggung jawab terhadap setiap kegiatan yang ada di apotek agar sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian yang telah diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 35 tahun 2016. Standar pelayanan kefarmasian dibuat untuk melindungi masyarakat dari pelayanan yang tidak profesional, melindungi profesi dari tuntutan masyarakat yang tidak wajar, sebagai pedoman dalam pengawasan praktek apoteker dan untuk pembinaan serta meningkatkan mutu pelayanan farmasi di apotek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan pelayanan kefarmasian di apotek milik PSA di wilayah Surabaya Timur sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 35 tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian di apotek. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental (observasional) dengan rancangan penelitian secara desktiptif. Sampel pada penelitian ini adalah Apoteker Pengelola Apotek (APA) yang bekerja pada apotek PSA di wilayah Surabaya Timur berjumlah 25 orang yang ditentukan berdasarkan consekutif sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan penggolongan kategori sangat baik (84,01-100%), baik (68,01-84,00%), cukup (52,01-68,00%), kurang baik (36,01-52,00%) dan tidak baik (20,01-36,00%). Hasil penelitian menunjukan aspek pelayanan manajerial mendapat skor 85,70% (sangat baik), pelayanan farmasi klinis 82,20% (baik) dan sumber daya kefarmasian mendapat 82,60% (baik). Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian di apotek milik PSA wilayah Surabaya Timur sudah memenuhi peraturan yang dibuat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 35 tahun 2016 dengan presentase skor yang didapat mencapai 83,50% (baik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Standar pelayanan kefarmasian, Apotek PSA, Apotek Pengelola Apotek (APA), Surabaya Timur. |
Subjects: | Pharmacy |
Divisions: | Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program |
Depositing User: | Users 6308 not found. |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 04:29 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19291 |
Actions (login required)
View Item |