Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis papan permainan "Slide and Ladder" pada pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA GIKI 1 Surabaya

Cahyani, Putri Indah (2019) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis papan permainan "Slide and Ladder" pada pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA GIKI 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB IV REVISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran fisika yang berupa papan permainan “Slide and Ladder” pada pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah bertujuan untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran berbasis papan permainan, media pembelajaran berbasis papan permainan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta mengetahui media pembelajaran berbasis papan permainan dapat terlaksana sesuai rencana pembelajaran. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Pada tahap analisis kebutuhan peserta didik 85,08% peserta didik menyatakan Media pembelajaran ini dapat membantu memahami pelajaran Fisika pokok bahasan usaha dan energi. Media ini dilengkapi dengan perangkat perencanaan pembelajaran meliputi RPP dan RE, keduanya dikatakan valid oleh ahli. Rata-rata penilaian peer reviewer pada tahap uji terbatas dikategorikan media pembelajaran ini sangat baik. Media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan 57 peserta didik SMA GIKI 1 Surabaya. N-Gain yang diperoleh dari pre-test dan post-test sebesar 0,49 dikategorikan sedang. Peserta didik memberikan respon positif terhadap media pembelajaran dengan kategori baik berdasarkan hasil angket respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media pembelajaran berupa papan permaianan slide and ladder, usaha dan energi, peningkatan hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7270 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2019 02:35
Last Modified: 19 Jul 2019 02:35
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19292

Actions (login required)

View Item View Item