Pengaruh pemberian balsam minyak atsiri cedarwood terhadap stamina dan kadar hormon kortisol dalam plasma tikus putih jantan yang dibuat stress

Kristy, Viona Elsha (2019) Pengaruh pemberian balsam minyak atsiri cedarwood terhadap stamina dan kadar hormon kortisol dalam plasma tikus putih jantan yang dibuat stress. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)

Abstract

Minyak atsiri Cedarwood merupakan salah satu minyak yang dapat digunakan untuk pengobatan stres. Keadaan stres ditandai dengan terjadinya peningkatan kadar hormon kortisol dalam darah dan peningkatan kadar hormon kortisol ini diduga dapat mempengaruhi tingkat stamina. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh minyak atsiri Cedarwood terhadap stamina dan kadar hormon kortisol tikus Wistar jantan yang dibuat stres. Minyak atsiri Cedarwood yang digunakan dibuat ke dalam bentuk balsam. Penelitian ini terdiri dari 4 kelompok hewan coba, yaitu kelompok kontrol (K(-) dan K (+)) dan kelompok perlakuan (C(1) dan C(2)) yang diberikan balsam minyak atsiri cedarwood konsentrasi 10% dan 20%. Stressor yang digunakan adalah metode swimming test dan tikus diadaptasikan selama 7 hari sebelum diberikan perlakuan. Stamina tikus dilihat dari lamanya waktu berenang tikus dengan menggunakan metode uji berenang paksa dan kadar hormon kortisol tikus di uji menggunakan reagen ELISA. Data yang didapat akan di analisis menggunakan perangkat lunak SPSS Statistic 17.0 untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan bermakna antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan dengan nilai signifikan p<0,05. Hasil penelitian dengan uji Mann-Whitney untuk stamina menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (K(-) vs C(1), P=0,001; P<0,05) dan kadar hormon kortisol menunjukkan ada perbedaan tidak signifikan (K(-) vs C(1) dan C(2), P=0,058; P>0,05). Pemberian balsam minyak atsiri cedarwood konsentrasi 10% memberikan efek terhadap peningkatan lamanya waktu berenang dan tidak memberikan pengaruh terhadap penurunan kadar hormon kortisol pada tikus putih jantan yang dibuat stres dibandingkan dengan Kontrol Negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Minyak atsiri cedarwood, balsam, stres, hormon kortisol, stamina
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 7263 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 05:28
Last Modified: 05 Aug 2019 05:28
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19444

Actions (login required)

View Item View Item