Pengaruh green marketing strategy terhadap intention to stay melalui attitude dan hotel image pada Hotel Bumi Surabaya

Handana, Alex Siswa (2019) Pengaruh green marketing strategy terhadap intention to stay melalui attitude dan hotel image pada Hotel Bumi Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK @alexsiswa.pdf

Download (647kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 @alexsiswa.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 @alexsiswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 @alexsiswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 @alexsiswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 @alexsiswa.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN @alexsiswa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh green marketing strategy terhadap intention to stay melalui attitude dan hotel image pada Hotel Bumi Surabaya. Persaingan di bidang pariwisata terutama sektor akomodasi memunculkan berbagai diferensiasi strategi pada bisnis tersebut. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Hotel Bumi Surabaya untuk mampu bertahan dan memenangkan persaingan bisnis dengan menampilkan konsep ramah lingkungan pada bisnisnya sehingga mampu menarik sikap dan citra yang baik pada pelanggan Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 114 responden dengan karakteristik responden antara lain merupakan responden berusia minimal 20 tahun yang berdomisili di Surabaya dan pernah menginap di Hotel Bumi Surabaya, serta mengetahui adanya konsep green hotel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan SEM dengan program Lisrel. Hasil penelitian membuktikan bahwa green marketing strategy berpengaruh signifikan terhadap attitude dan hotel image; attitude dan hotel image berpengaruh signifikan terhadap intention to stay; green marketing strategy berpengaruh signifikan terhadap intention to stay melalui attitude dan hotel image. Saran penelitian bagi Hotel Bumi Surabaya antara lain agar melakukan efisiensi terhadap utilitas di Hotel Bumi Surabaya sehingga tidak boros dalam menggunakan air dan sumber energi lain; serta untuk media promosi sebaiknya menggunakan jasa social media influencer seperti endorsement dari instagrammer maupun youtuber.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: green marketing strategy, attitude, hotel image, intention to stay
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7253 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 00:56
Last Modified: 16 Jul 2019 00:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19506

Actions (login required)

View Item View Item