Analisis dan perancangan sistem penjualan terkomputerisasi pada perusahaan ritel bahan bangunan (Studi kasus pada UD. Dua Putra)

Aini, Noviana Nuur (2019) Analisis dan perancangan sistem penjualan terkomputerisasi pada perusahaan ritel bahan bangunan (Studi kasus pada UD. Dua Putra). Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB)

Abstract

Sistem memberikan kemudahan kepada perusahaan guna mendukung proses pengambilan keputusan secara cepat, tepat waktu, dan akurat. Perusahaan dapat memulainya melalui proses bisnis pada siklus penjualan, dikarenakan siklus penjualan merupakan kegiatan utama perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini dilakukan di UD. Dua Putra yaitu, sebuah perusahaan dagang yang menjual bahan bangunan. Permasalahan yang terdapat di UD. Dua Putra antara lain tidak ada sistem pengingat penagihan piutang kepada pelanggan, tidak ada batas pemberian kredit kepada pelanggan, nota penjualan yang digunakan untuk penjualan tunai dan penjualan kredit sama, dan tidak ada kartu piutang. Oleh karena itu, UD. Dua Putra membutuhkan sebuah sistem yang dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk membantu perusahaan dalam mengelola proses bisnis yang terdapat pada siklus penjualan dengan cara menganalisis dan membuat perancangan sistem siklus penjualan terkomputerisasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data yang diperoleh dari penelitian ini berasal dari pihak internal perusahaan (pemilik) dengan melakukan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan prosedur baru siklus penjualan, menghasilkan dokumen-dokumen baru, menghasilkan laporan-laporan yang dibutuhkan dalam siklus penjualan, dan perancangan sistem siklus penjualan terkomputerisasi mulai dari penerimaan pesanan, pengiriman barang, penagihan dan penerimaan kas yang dapat membantu perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sistem, Siklus Penjualan, Perusahaan Dagang, Analisis dan Perancangan Sistem, Siklus Penjualan Terkomputerisasi
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7079 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 03:20
Last Modified: 16 Jul 2019 03:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item