Analisis dan perancangan sistem persediaan terkomputerisasi pada perusahaan manufaktur mesin (Studi kasus pada PT. Karya Sentosa)

Yunita, Lanny Mega (2019) Analisis dan perancangan sistem persediaan terkomputerisasi pada perusahaan manufaktur mesin (Studi kasus pada PT. Karya Sentosa). Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Persediaan merupakan salah satu komponen yang penting dalam perusahaan guna mendukung kegiatan operasional perusahaan agar berjalan dengan baik. Penelitian ini dibuat berdasarkan perkembangan teknologi yang mempengaruhi operasional perusahaan sehingga banyak perusahaan yang telah menggunakan sistem secara terkomputerisasi dalam menjalankan proses bisnis perusahaan. Sistem dan prosedur persediaan yang baik akan menghasilkan informasi terkait data yang akurat serta cepat. Perusahaan manufaktur Karya Sentosa merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang pembuatan mesin produksi packaging di Surabaya. Analisis penelitian pada siklus persediaan manufaktur Karya Sentosa menghasilkan adanyabeberapa kelemahan sehingga menimbulkan permasalahan. Permasalahan pertama yang ditemukan adalah tidak adanya dokumen pendukung seperti surat penerimaan persediaan pada saat persediaan masuk. Permasalahan yang kedua adalah tidak adanya kode untuk setiap sparepart dimana perusahaan manufaktur Karya Sentosa ini memiliki jenis sparepart yang bermacam-macam sehingga akan menyulitkan proses pencatatan. Permasalahan yang ketiga adalah tidak adanya formulir pengembalian barang akan menyebabkan persediaan tidak terupdate sehingga terjadi selisih pada saat stok opname. Permasalahan yang keempat adalah tidak adanya dasar untuk pembuatan surat permintaan barang. Penelitian ini menghasilkan perancangan sistem siklus persediaan secara terkonputerisasi dan perbaikan prosedur perusahaan. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini, perusahaan berkenan menerapkan prosedur yang baru dengan sistem informasi yang terkomputerisasi pada siklus persediaan guna meningkatkan kinerja karyawan dan meminimalisir kesalahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Persediaan, Perusahaan Manufaktur, Sistem Informasi Terkomputerisasi
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7299 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:13
Last Modified: 16 Jul 2019 04:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19540

Actions (login required)

View Item View Item