Pengaruh konsentrasi gum arab terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik granula bumbu soto dengan penambahan ikan bandeng

Manurung, Diana Naomi (2019) Pengaruh konsentrasi gum arab terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik granula bumbu soto dengan penambahan ikan bandeng. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Soto yang ditambahkan ikan bandeng akan terasa lebih nikmat dan gurih. Bandeng dapat memberikan rasa gurih sebab ikan bandeng mengandung asam glutamat sebesar 1,368%. Berdasarkan kandungan asam glutamat yang cukup tinggi, ikan bandeng diharapkan dapat menjadi penyedap makanan yang ditambahkan pada bumbu soto. Pada penelitian ini akan diteliti granula bumbu soto dengan penambahan ikan bandeng. Tujuan dilakukan granulasi adalah untuk menghasilkan bumbu soto dengan penambahan ikan bandeng yang tidak mudah kempal, lebih praktis, dan memiliki umur simpan lama. Bahan pengikat yang dipilih adalah gum arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gum arab terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik granula bumbu soto dengan penambahan ikan bandeng dan untuk mengetahui konsentrasi gum arab yang optimum untuk memperoleh perlakuan terbaik yang secara organoleptik dapat diterima oleh konsumen. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan Faktor Tunggal, yaitu pengaruh penambahan gum arab dengan 6 taraf yaitu 1%, 2%, 3%, 4%, 5%, 6%. Parameter yang diuji meliputi kadar air, aktivitas air (Aw), Total Padatan Terlarut (TPT), warna, dan organoleptik (warna, aroma, rasa). Data yang diperoleh diuji dengan ANOVA dengan α = 5% dan dilanjutkan dengan uji DMRT dengan α = 5%, menunjukkan adanya perbedaan nyata pada konsentrasi gum Arab terhadap kadar air, Aw, TPT, dan organoleptik warna, sedangkan organoleptik aroma dan rasa tidak menunjukkan adanya perbedaan nyata. Semakin tinggi konsentrasi gum arab, meningkatkan nilai kadar air dan nilai TPT granula bumbu soto dengan penambahan ikan bandeng, serta menurunkan nilai Aw granula bumbu soto dengan penambahan ikan bandeng. Perlakuan terbaik dengan metode spider web pada konsentrasi gum arab 6% memiliki nilai kadar air 6,09%, nilai Aw 0,2254, nilai TPT 3,89%, nilai kesukaan terhadap warna 5,18 (agak suka), aroma 3,98 (agak tidak suka), dan rasa 4,08 (netral).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Agricultural Technology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Granula Bumbu Soto, Gum Arab, Ikan Bandeng
Subjects: Agriculture and Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Food Technology Study Program
Depositing User: Users 7339 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2019 07:43
Last Modified: 18 Jul 2019 07:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19693

Actions (login required)

View Item View Item