Studi deskriptif penggunaan asam folat pada pasien penyakit ginjal kronik disertai anemia di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya

Ristiani, Arvia Ade (2019) Studi deskriptif penggunaan asam folat pada pasien penyakit ginjal kronik disertai anemia di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Fungsi ginjal adalah untuk membersihkan tubuh dari bahan sisa metabolisme. Penyakit ginjal terbagi menjadi 2 macam, yaitu penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronik. Penyakit ginjal kronik merupakan suatu keadaan dimana GFR <60 mL/menit/1,73 m² selama ≥ 3 bulan mengakibatkan penurunan fungsi ginjal yang progresif. Pasien dengan penyakit ginjal seringkali mengalami komplikasi anemia. Salah satu terapi anemia pada pasien penyakit ginjal kronik adalah dengan menggunakan terapi asam folat untuk membantu pembentukan sel darah merah normal dalam sumsum tulang guna meningkatkan kadar Hb pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penggunaan asam folat pada pasien penyakit ginjal kronik. Penelitian ini menggunakan metode retrospektif dengan analisis dekskriptif untuk mengetahui perubahan kadar Hb pasien setelah menggunakan terapi asam folat pada pasien penyakit ginjal kronik disertai anemia. Data diperoleh dari rekam medik kesehatan di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Sampel yang didapatkan berdasarkan kriteria inklusi pada penelitian ini berjumlah 72 pasien. Hasil penelitian secara deskriptif menggambarkan adanya perubahan kadar Hb pada pasien dengan terapi asam folat. Pasien yang mengalami kenaikan kadar Hb sebanyak 61 orang (84,7%) walau belum mencapai target terapi. Penggunaan terapi asam folat tunggal sebanyak 27 pasien (37,5%) terbanyak adalah asam folat (3x1 mg) per oral sebanyak 26 pasien (96,30%) dan terapi kombinasi asam folat dengan terapi anemia lain sebanyak 45 pasien (62,5%) terbanyak adalah asam folat (3x1 mg) dengan terapi transfusi PRC (1 kolf/hari) per iv sebanyak 36 pasien (80%). Hasil penelitian tidak menunjukkan adanya interaksi obat asam folat dengan obat lain selama pengobatan berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Pharmacy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penyakit ginjal kronik, asam folat, kadar Hb
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 7427 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:17
Last Modified: 27 Aug 2019 03:17
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/19975

Actions (login required)

View Item View Item