Gambaran resiliensi pada entrepreneur milenial yang memutuskan membuka usaha coffee shop

Fabio, Krisantus (2019) Gambaran resiliensi pada entrepreneur milenial yang memutuskan membuka usaha coffee shop. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab V Fix.pdf

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy

Abstract

Resiliensi merupakan suatu kemampuan untuk dapat kembali ke kondisi primanya setelah dilanda suatu stressor yang berat. Kemampuan ini dapat membuat seorang individu dapat bangkit dari persoalan yang ia hadapi, dan memaknai persoalan tersebut secara positif. Kegiatan bisnis tidak lepas dari tantangan-tantangan yang dapat menjadi stressor bagi pemilik bisnis tersebut. Sama halnya dengan bisnis coffee shop, yang didalamnya juga terdapat berbagai macam tantangan yang dapat mengancam jalannya bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran peran dari resiliensi pada pemilik coffee shop yang telah dapat mempertahankan bisnisnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi. Teknik analisis yang digunakan adalah theory led analysis. Informan dalam pernelitian ini merupakan tiga pemilik coffee shop yang telah beroperasi selama minimal tiga tahun, berusia antara delapan belas sampai dengan tiga puluh enam tahun, dan tidak memiliki bisnis apapun, yang didapat secara snowball. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pemilik coffee shop yang bertahan lebih dari tiga tahun, memiliki resiliensi pada dirinya. Hal ini terlihat dari terpenuhnya aspek dari resiliensi seperti emotion regulation, impulse control, optimism, self-efficacy, reaching out, dan causal analysis Selain itu ditemukan pula, selain resiliensi salah satu aspek yang mempengaruhi bertahannya suatu bisnis coffee shop ialah konsistensi dari ketertarikan dan religiousitas pemilik. Pemilik yang memiliki ketertarikan di bidang kopi, cenderung memiliki keterikatan dengan bisnisnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Effendy, Nurlaila
NIDN0724128705
laila.effendy@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, coffee shop, studi fenomenologis
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 7543 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:53
Last Modified: 28 Jan 2020 09:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20316

Actions (login required)

View Item View Item