Mata picek kuping kopok (Pemaknaan tokoh masyarakat desa Timbrangan mengenai program CSR bersinergi PT Semen Gresik Rembang)

Astari, Yohana Ayu (2019) Mata picek kuping kopok (Pemaknaan tokoh masyarakat desa Timbrangan mengenai program CSR bersinergi PT Semen Gresik Rembang). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

CSR dalam kajian implementasi programnya harus berlandaskan pada nilai-nilai budaya lokal, pemberdayaan masyarakat, program berkelanjutan, didahului dengan need assessment, berhubungan dengan core business serta fokus pada bidang prioritas perusahaan. Penelitian ini akan membahas tentang pengalaman dan pemaknaan tokoh masyarakat Desa Timbrangan mengenai program CSR BERSINERGI milik PT Semen Gresik. Pemaknaan ini dapat dirangkum dalam sebuah terminologi Jawa yang sering diucapkan warga yaitu Mata Picek Kuping Kopok (Mata Buta Telinga Tuli) bukan dalam arti sebenarnya namun, ungkapan tersebut merujuk pada sikap apatis yang muncul akibat kerumitan permasalahan CSR yang terjadi di Desa Timbrangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi dimana peneliti membiarkan tokoh masyarakat secara aktif mengkonstruksi makna melalui intersubjektifnya yaitu pengalaman terkait program CSR BERSINERGI. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam untuk memperoleh esensi fenomena yang diamati dan diceritakan dari sudut pandang orang pertama yaitu tokoh masyarakat itu sendiri serta kehidupan warga Desa Timbrangan yang hampir seluruhnya bermata pencaharian sebagai petani. Peneliti menemukan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan yang berlangsung selama ini menjadi meaningless (tanpa makna) dan merupakan ritus dari PT Semen Gresik karena berdasarkan pengalaman mereka program CSR yang ada merupakan euforia berderma, meriah, melimpah hingga tak terarah pemberdayaannya serta membelakangi nilai budaya lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
nangkris1@gmail.com
Thesis advisor
Nugraheni, Yuli
NIDN0630077303
yulinugraheni2000@gmail.com
Uncontrolled Keywords: CSR, Tokoh Masyarakat, Fenomenologi, Pengalaman, Pemaknaan
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 7634 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2020 08:21
Last Modified: 05 Feb 2020 08:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20420

Actions (login required)

View Item View Item