Julianny, Aviana (2019) Gambaran kemampuan fungsi eksekutif pada individu dengan Autism Spectrum Disorder. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (583kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam satu dekade terakhir, jumlah anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) semakin meningkat, Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan neurodevelopmental yang mempengaruhi perkembangan fungsi eksekutif seseorang. Kemampuan fungsi eksekutif mempengaruhi cara individu memecahkan masalah secara dinamis, mengambil keputusan, dan merencanakan. Terdapat tiga aspek kemampuan fungsi eksekutif yang saling mempengaruhi, yaitu inhibition control, working memory, dan cognitive flexibility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan fungsi eksekutif pada individu dengan ASD yang memiliki tingkat keparahan level 1. Melalui metode studi kasus, peneliti melakukan observasi terstruktur terhadap dua informan berusia antara 6 – 12 tahun yang didiagnosa mengalami ASD level 1. Peneliti juga melakukan wawancara terstruktur kepada orangtua, shadow teacher dan terapis kedua informan. Data penelitian dianalisa dengan pendekatan theory-led yang divalidasi dengan validitas komunikatif dan argumentatif. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan fungsi eksekutif antara kedua informan. Informan pertama telah cukup konsisten mengembangkan aspek inhibition control, working memory dan cognitive flexibility dibanding informan kedua, terutamana pada aspek inhibition control. Hasil dari penelitian ini menyarankan adanya kerjasama yang baik antara orangtua, guru dan terapis agar kemampuan Fungsi Eksekutif pada anak dengan ASD dapat dikembangkan dan ditingkatkan secara bertahap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Sidjaja, Fransisca Febriana NIDN0728028204 ffsidjaja@yahoo.com |
Uncontrolled Keywords: | Autism Spectrum Disorder (ASD), kemampuan fungsi eksekutif, inhibition control, working memory dan cognitive flexibility |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Aviana Julianny |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 08:50 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 15:34 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20461 |
Actions (login required)
View Item |