Hubungan antara dukungan sosial ibu dan persepsi ibu tentang kesiapan sekolah anak

Sharon, Stevani (2020) Hubungan antara dukungan sosial ibu dan persepsi ibu tentang kesiapan sekolah anak. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (843kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I A5.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV A5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN A5 FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dibutuhkan standar tertentu seperti kemampuan membaca , menulis dan berbicara pada anak untuk memenuhi persyaratan masuk jenjang Sekolah Dasar. Salah satu pendukung kesiapan sekolah pada anak yaitu orangtua , namun dalam penelitian ini berfokus pada dukungan sosial seorang Ibu sejauh mana ia mengetahui perkembangan kemampuan yang dimiliki anak ketika mempersiapkan diri untuk memasuki sekolah dasar Kesiapan sekolah sendiri didefinisikan sebagai keterampilan kesiapan bahasa, kemandirian, kontrol implus, keterampilan interpersonal, latar belakang pengalaman, dan kesehatan fisik dan mental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial ibu dengan kesiapan sekolah anak masuk sekolah dasar. Subjek penelitian (N=127) yaitu ibu yang memiliki anak TK-B. Pengumpulan data menggunakan teknik Incidental sampling. Pengambilan data skripsi menggunakan alat ukur berdasarkan 6 aspek kesiapan sekolah dan 4 aspek dukungan sosial. Hasil data dianalisis menggunakan teknik statistic parametrik Kendall tau-b. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,327. Dikatakan memenuhi uji hipotesis apabila nilai signifikansi < 0,05 sehingga hipotesis ini diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial ibu dengan kesiapan sekolah anak masuk Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Adhyatma, Made Dharmawan Rama
NIDN0724128705
made_dharmawan@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: kesiapan sekolah, dukungan sosial, standar masuk sekolah dasar
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: stevani Sharon
Date Deposited: 27 Apr 2020 15:43
Last Modified: 27 Apr 2020 15:43
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item View Item