Sharon, Stevani (2020) Hubungan antara dukungan sosial ibu dan persepsi ibu tentang kesiapan sekolah anak. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (843kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I A5.pdf Download (189kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III A5.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV A5.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (217kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN A5 FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dibutuhkan standar tertentu seperti kemampuan membaca , menulis dan berbicara pada anak untuk memenuhi persyaratan masuk jenjang Sekolah Dasar. Salah satu pendukung kesiapan sekolah pada anak yaitu orangtua , namun dalam penelitian ini berfokus pada dukungan sosial seorang Ibu sejauh mana ia mengetahui perkembangan kemampuan yang dimiliki anak ketika mempersiapkan diri untuk memasuki sekolah dasar Kesiapan sekolah sendiri didefinisikan sebagai keterampilan kesiapan bahasa, kemandirian, kontrol implus, keterampilan interpersonal, latar belakang pengalaman, dan kesehatan fisik dan mental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial ibu dengan kesiapan sekolah anak masuk sekolah dasar. Subjek penelitian (N=127) yaitu ibu yang memiliki anak TK-B. Pengumpulan data menggunakan teknik Incidental sampling. Pengambilan data skripsi menggunakan alat ukur berdasarkan 6 aspek kesiapan sekolah dan 4 aspek dukungan sosial. Hasil data dianalisis menggunakan teknik statistic parametrik Kendall tau-b. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,327. Dikatakan memenuhi uji hipotesis apabila nilai signifikansi < 0,05 sehingga hipotesis ini diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial ibu dengan kesiapan sekolah anak masuk Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Adhyatma, Made Dharmawan Rama NIDN0724128705 made_dharmawan@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | kesiapan sekolah, dukungan sosial, standar masuk sekolah dasar |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | stevani Sharon |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 15:43 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 15:43 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20492 |
Actions (login required)
View Item |