Perbedaan self regulated learning pada siswa SMPK Angelus Custos I berdasarkan jenis kelamin

Watung, Febellin Navylina (2019) Perbedaan self regulated learning pada siswa SMPK Angelus Custos I berdasarkan jenis kelamin. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABTRAK]
Preview
Text (ABTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Self regulated learning merupakan cara individu dalam melakukan pengaturan diri yang melibatkan pikiran, perasaan dan perilaku guna mencapai tujuan belajarnya. Siswa yang memiliki self regulated learning yang tinggi cenderung melakukan evaluasi, menjaga motivasi, menyusun rencana, dan strategi belajarnya, serta berinisiatif mencari informasi mengenai materi pelajaran jika mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan self regulated learning pada siswa SMPK Angelus Custos 1 berdasarkan Jenis Kelamin. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan kelas VIII (N= 154). Penelitian sampel penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala self regulated learning yang dibuat oleh peneliti. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji beda non-parametric U Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan nilai p=0,000 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara self-regulated learning siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMPK Angelus Custos 1, dimana self-regulated learning siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
UNSPECIFIED
Apsari, Florentina Yuni
NIDN0717067305
yuni@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Self regulated learning, siswa SMP, jenis kelamin
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Febellin Navylina Watung
Date Deposited: 13 Jan 2020 06:59
Last Modified: 13 Jan 2020 06:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20514

Actions (login required)

View Item View Item