Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pokok bahasan gerak parabola

Putri, Kesia Anggraini Santia (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pokok bahasan gerak parabola. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI KESIA rev2-1-19.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
SKRIPSI KESIA rev2-104-108.pdf

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran berbasis aplikasi android diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar dan mengasah keterampilannya sesuai dengan tuntutan abad ke-21. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Pada tahap analisis kebutuhan peserta didik, hasil observasi menyatakan membutuhkan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas dan untuk memahami konsep fisika yang divisualisasikan. Media pembelajaran yang dikembangkan berisikan materi gerak parabola. Pada media ini dilengkapi dengan RPP dan RE, yang keduanya dikategorikan sangat valid oleh ahli. Media pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat baik menurut hasil penilaian ahli. Rata-rata penilaian peer reviewer pada tahap uji terbatas menkatgorikan media pembelajaran ini sangat baik. Media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan 30 peserta didik di SMA Katolik Stella Maris Surabaya. N-Gain yang diperoleh dari pre-test dan post-test sebesar 0,52 dan berada dalam kategori sedang. Keterlaksanaan RPP dikategorikan baik. Peserta didik memberikan respon positif terhadap media pembelajaran dengan kategori sangat baik berdasarkan hasil angket respon peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wijaya, Anthony
NIDN0715058503
anthony@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, media pembelajaran berbasis aplikasi android, gerak parabola, peningkatan hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: KESIA ANGGRAINI SANTIA PUTRI
Date Deposited: 23 Jan 2020 05:43
Last Modified: 23 Jan 2020 05:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20596

Actions (login required)

View Item View Item