Pengembangan lembar kerja peserta didik model Inkuiri terbimbing pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar di SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Rosvita, Laurentia Angela (2020) Pengembangan lembar kerja peserta didik model Inkuiri terbimbing pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK LOLA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 LOLA.pdf

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 LOLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 LOLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 LOLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 LOLA.pdf

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN LOLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis-signDevelopment-Implement-Evaluation). Selain LKPD, penulis juga mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Rencana Evaluasi (RE) yang berfungsi untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. RPP, LKPD, dan RE divalidasi oleh ahli sebelum diuji cobakan. Berdasarkan hasi validasi yang dilakukan RPP, LKPD,dan RE berkategori sangat valid dengan skor masing-masing yaitu 3.65, 3.47, dan 3.52 (skor maksimal: 4.00).Pengujian dilakukan di SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Keterampilan proses sains memperoleh skor rata-rata 2,91 dengan kategori “Baik”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,60 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,69 dengan kategori “Sedang” dan respon peserta didik adalah 89,71% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan penulis pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud zat dengan menggunakan model Inkuiri Terbimbing dapat melatih keterampilan proses sains dan meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA Hang Tuah 4 Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
., Herwinarso
NIDN0702066202
herwinarso@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: LKPD, Inkuiri Terbimbing , Keterampilan Proses Sains, Hasil Belaja, Kalor dan Perubahan Wujud Zat
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7701 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 06:15
Last Modified: 23 Jan 2020 06:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20604

Actions (login required)

View Item View Item