Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi atas siklus penjualan pada perusahaan manufaktur kemasan (Studi kasus Pada PT. Diantrijaya Utama Mukti)

Sazmita, Maria Eva (2019) Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi atas siklus penjualan pada perusahaan manufaktur kemasan (Studi kasus Pada PT. Diantrijaya Utama Mukti). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Diantrijaya Utama Mukti yang merupakan perusahaan manufaktur kemasan. Produksi dilakukan dengan sistem job order sehingga produknya adalah produk custom. Maka, pencatatan data barang selalu disertai dengan data pelanggan juga karena setiap pelanggan dapat memesan barang yang berbeda-beda. Produk yang dihasilkan antara lain paper bag, woven bag, dan fibre drum. Semua penjualan PT. Diantrijaya Utama Mukti dilakukan secara kredit, kecuali untuk pelanggan baru pada pesanan pertama yang harus melakukan pembayaran secara tunai. Dalam pemrosesan pesanannya, perusahaan membutuhkan pencatatan sisa barang yang masih harus dikirim ke pelanggan. Dalam siklus penjualan PT. Diantrijaya Utama Mukti terdapat beberapa permasalahan, yaitu tidak terdapat batas kredit yang ditetapkan bagi setiap pelanggan, tidak terdapat sistem pengingat jatuh tempo piutang pelanggan, penggunaan Purchase Order dari pelanggan sebagai dokumen dasar yang penting, dokumen Surat Perintah Kerja yang tidak berformat, dan penyimpanan data pelanggan pada Microsoft Excel. Maka dari itu, diperlukan suatu sistem informasi yang baik untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan merancang sistem informasi akuntansi terkomputerisasi atas siklus penjualan pada PT. Diantrijaya Utama Mukti. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data yang berasal dari pihak internal perusahaan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dimulai dengan tahap analisis, perbaikan, dan perancangan user interface siklus penjualan pada PT. Diantrijaya Utama Mukti. Solusi yang diberikan peneliti yaitu menerapkan sistem penjualan terkomputerisasi, penggunaan database untuk menyimpan berbagai data, melakukan perbaikan dan penambahan dokumen pada siklus penjualan, melakukan pencatatan atas jatuh tempo piutang, serta menetapkan batas kredit bagi setiap pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
tineke@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Analisis dan Perancangan Sistem, Siklus Penjualan, User Interface
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7759 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:16
Last Modified: 06 Feb 2020 10:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20802

Actions (login required)

View Item View Item