Pengaruh perencanaan pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusaan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Hermanto, Sella Graceya Putri (2020) Pengaruh perencanaan pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus terhadap keputusaan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan perekonomian membuat perusahaan multinasional bermunculan diberbagai negara terutama di Indonesia. Perusahaan multinasional banyak yang memanfaatkan praktik transfer pricing untuk memperoleh keuntungan pribadi. Perusahaan yang melakukan perencanaan pajak akan melakukan transfer pricing unuk dapat meminimalkan pembayaran pajak perusahaan. Tunneling incentive yang dinyatakan dengan presentase kepemilikikan saham asing sebesar 20% atau lebih akan mempengaruhi manajemen dalam pengambilan keputusan transfer pricing perusahaan. Mekanisme bonus yang ditentukan pada besarnya laba perusahaan akan membuat perusahaan melakukan manajemen laba dengan melakukan transfer pricing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh perencanaan pajak, tunneling incentive dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perencanaan pajak, tunneling incentive, dan mekanisme bonus. Objek penelitian yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 75 perusahaan yang dpilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang didapat dari website Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaan pajak berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing, sedangkan tunneling incentive dan mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
SARI, DIAN PURNAMA
NIDN0730128502
dian-ps@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, Perencanaan Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7806 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 12:42
Last Modified: 23 Jan 2020 12:43
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20824

Actions (login required)

View Item View Item