Pengaruh Dukungan Organisasional, Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pertamina Hulu Energi WMO Gresik dan PT. Pertamina EP Cepu

Siagian, Daniel Chrisman (2020) Pengaruh Dukungan Organisasional, Komitmen Organisasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pertamina Hulu Energi WMO Gresik dan PT. Pertamina EP Cepu. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Daniel_Lampiran (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan perusahaan sangatlah bergantung pada produktivitas tenaga kerja. Melalui pengaturan dan pengelolaan manajemen sumber daya manusia karyawan dapat bekerja secara produktif. Peningkatan kinerja karyawan tidak lepas dari dukungan organisasi. Karyawan yang merasa terdukung akan membalas dengan melakukan hal positif sebagai wujud balas budi bagi organisasi sehingga berdampak pada peningkatan kinerja. Kinerja karyawan juga dapat dipengaruhi oleh kepuasan kerja. Kepuasan kerja akan meningkatkan produktivitas, perbaikan sikap dan tingkah laku karyawan dalam pengabdian kepada perusahaan. Selain itu kinerja karyawan juga dipengaruhi oleh komitmen organisasional. Komitmen organisasional yang tinggi akan menghasilkan performa kerja yang baik, karena karyawan setia dan loyal terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh dukungan organisasi dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional, pengaruh komitmen organisasional dan persepsi dukungan organisasional terhadap kinerja karyawan, serta pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Responden penelitian adalah 100 karyawan Pertamina Hulu Energi WMO Gresik dan Pertamina EP Cepu. Analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan organisasional dan kepuasan kerja masing-masing berpengaruh signifikan positif terhadap komitmen organisasional. Komitmen organisasional dan dukungan organisasional juga masing-masing berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja juga terbukti berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan PT. Pertamina Hulu Energi Gresik dan PT. Pertamina EP Cepu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Koesmono, Teman
NIDN0706015301
teman@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Junaedi, Marliana
NIDN0725127401
marliana@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Dukungan Organisasional, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Kinerja Karyawan
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7867 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:01
Last Modified: 23 Jan 2020 07:01
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20848

Actions (login required)

View Item View Item