Larasati, Dinda Arwidya (2019) Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi terkomputerisasi pada siklus pembelian bahan baku (Studi kasus pada PT. Tiga Muara Jaya). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (576kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (196kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (218kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelian merupakan salah satu siklus yang penting dalam perusahaan untuk mendukung berjalannya suatu produksi. Dengan berjalannya suatu produksi, maka perusahaan memerlukan bahan baku produksi dan perlu dilakukannya pembelian bahan material. Demikian halnya pada perusahaan konstruksi. Dalam perusahaan konstruksi diperlukan pengendalian dalam pembelian bahan material dengan cara dilakukannya pembuatan rencana anggaran biaya bahan material. PT. Tiga Muara Jaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi di Surabaya. Prosedur pembelian bahan material pada PT. Tiga Muara Jaya memiliki permasalahan. Permasalahan pertama adalah perusahaan sering mengalami overbudget, hal ini terjadi karena perusahaan tidak memiliki pengendalian dalam realisasi anggaran. Permasalahan kedua adalah perusahaan tidak memiliki dokumen seperti dokumen realisasi anggaran yang seharusnya dapat berfungsi untuk mengetahui apakah anggaran yang telah dibuat sebelumnya itu telah terealisasi sesuai berdasarkan anggaran yang telah ditentukan, lalu tidak ada dokumen penerimaan yang seharusnya berfungsi untuk mengetahui secara jelas barang apa saja yang telah diterima pada saat proyek berlangsung, dan juga laporan pembelian bahan material yang dapat berfungsi untuk mengetahui jumlah pembelian proyek secara keseluruhan. Permasalahan ketiga adalah saat di lapangan proyek kekurangan bahan material, kepala proyek akan melakukan permintaan pembelian bahan material tambahan. Namun permintaan pembelian tersebut hanya melalui via telepon tanpa membuat formulir permintaan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis sistem pembelian bahan material yang diterapkan dan merancang sistem informasi akuntansi terkomputerisasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif. Data yang diperoleh merupakan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi pada perusahaan. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis sistem sampai dengan menganalisis sistem sampai dengan mendesain sistem. Hasil dari penelitian ini yaitu rancangan sistem pembelian bahan material terkomputerisasi, yang diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mengatasi permasalahan yang ada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Akuntansi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Wehartaty, Tineke NIDN0714047401 tineke@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan Sistem, Siklus Pembelian Bahan Material Terkomputerisasi, Perusahaan Jasa Konstruksi. |
Subjects: | Business > Accounting |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Users 7904 not found. |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 06:57 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 09:20 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20849 |
Actions (login required)
View Item |