Pengaruh Penerapan Dimensi Enterprise Risk Management dalam Meningkatkan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan BUMN Di Indonesia Periode 2015-2018)

Hosama, Meliana Diah Permatasari (2019) Pengaruh Penerapan Dimensi Enterprise Risk Management dalam Meningkatkan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan BUMN Di Indonesia Periode 2015-2018). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Setiap perusahaan besar pastinya akan membutuhkan suatu sistem pengelolaan risiko untuk mengurangi dampak negatif dari perusahaannya. Enterprise risk management merupakan suatu proses yang sistematis dan penting untuk diterapkan dalam meningkatkan nilai perusahaan. Penerapan sistem ini mencerminkan bagaimana suatu perusahaan dalam memberikan keyakinan kepada investor maupun masyarakat dalam mengelolah tingkat risiko yang dialami oleh masing-masing perusahaan. Tidak semua perusahaan menerapkan sistem ini, namun sistem ini wajib diterapkan oleh semua perusahaan yang dimiliki pemerintah. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan pemerintah memiliki tingkat risiko yang tinggi dan memiliki dampak pada kehidupan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan enterprise risk management dalam meningkatkan nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan adalah delapan dimensi ERM (internal environment, objective setting, risk identification, risk assessment, risk response, control activities, information and communication, monitoring) dengan variabel kontrol size, leverage, dan profitability. Objek penelitian yang digunakan adalah seluruh perusahaan BUMN yang ada di Indonesia periode 2015-2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 62 perusahaan BUMN. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dimensi internal environment tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan dimensi objective setting, risk identification, risk assessment, risk response, dan monitoring berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Akan tetapi, dimensi control activities dan information and communication berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sunarjanto, Nekhasius Agus
0014126703
sunarjanto@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Tulasi, Daniel
0725115902
daniel@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: dimensi enterprise risk management, nilai perusahaan
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7887 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 12:20
Last Modified: 06 Feb 2020 08:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20864

Actions (login required)

View Item View Item