Pengaruh kelompok referensi, endorsment, iklan, dan neurotisme terhadap pembelian kompulsif melalui materialisme pada konsumen Pull and Bear di Surabaya

Sudanto, Yusril (2020) Pengaruh kelompok referensi, endorsment, iklan, dan neurotisme terhadap pembelian kompulsif melalui materialisme pada konsumen Pull and Bear di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 .pdf

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelian kompulsif merupakan bentuk abnormal atau ketidak normalan pada aktivitas belanja seseorang yang ditandai oleh dorongan ekstrem, tidak terkendali, dan berulang untuk membeli, serta mengabaikan konsekuensinya. Pembelian kompulsif ini pada umumnya terjadi karena konsumen tersebut memiliki sifat hedonik, yang selalu menilai suatu produk dari nilai produk tersebut yang dapat meningkatkan kepercayaan diri, pandangan sosial, dan nilai sosial terhadap konsumen yang disebut materialistis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi, endorsment, iklan, dan neurotisme terhadap pembelian kompulsif melalui materialisme pada konsumen Pull and Bear di Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para konsumen Pull and Bear di Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan syarat pernah mengunjungi Pull and Bear Galaxy Mall Surabaya dan memiliki Gift Card. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 144 orang konsumen. Variabel dalam penelitian ini adalah kelompok referensi, endorsement publik figure, iklan TV, dan neurotisme sebagai variabel eksogen serta materialism dan pembelian kompulsif sebagai variabel endogen. Selanjutnya, penulis mengolah data hasil penelitian menggunakan SMART PLS 2.0 untuk memperoleh kesimpulan yang signifikan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dihitung, maka hasil penelitan ini yaitu kelompok referensi, endorsement publik figure, iklan TV, dan neurotisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap materialisme. Selain itu materialisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian kompulsif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widyarini, Lydia Ari
NIDN0727036701
lydiaari@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Junaedi, Maliana
NIDN0725127401
marliana@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kelompok Referensi, Endorsment, Iklan, Neurotisme, Materialisme, Pembelian Kompulsif.
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7901 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:01
Last Modified: 24 Jan 2020 07:01
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20896

Actions (login required)

View Item View Item