Pengaruh financial distress dan mekanisme corporate governance terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017

Priscyllia, Chrystie Dendra (2019) Pengaruh financial distress dan mekanisme corporate governance terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Negara dalam kegiatan operasionalnya memiliki banyak sekali pengeluaran yang digunakan untuk menunjang perekonomian, menggerakkan roda pemerintahan dan menyediakan fasilitas umum untuk mensejahterakan rakyatnya. Untuk membiayai semua pengeluaran tersebut maka negara membutuhkan sumber pendapatan yang didapat dari pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak. Dalam penelitian ini berfokus pada wajib pajak badan yaitu perusahaan. Perusahaan wajib membayarkan pajaknya namun ada suatu keadaan yang disebut dengan financial distress. Ketika perusahaan sedang ada di kondisi ini maka perusahaan akan berusaha mempertahankan bisnisnya dengan salah satu caranya yaitu menekan beban-bebannya termasuk beban pajaknya dengan cara melakukan tax avoidance, namun tax avoidance harus dicegah karena dapat merugikan negara, salah satu caranya yaitu dengan menerapkan corporate governance yang baik dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial distress, komisaris independen, kompensasi eksekutif dan komite audit terhadap tax avoidance. Tax avoidance diukur dengan cash ETR. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan data sekunder dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress dan komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance yang artinya semakin tinggi keadaan financial distress dan semakin banyak jumlah komite audit dalam perusahaan maka kecenderungan untuk melakukan tax avoidance juga akan semakin tinggi, financial distress sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian sedangkan komite audit tidak sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Selain itu, komisaris independen dan kompensasi eksekutif menunjukkan tidak terdapatnya pengaruh terhadap tax avoidance. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah Periode pengamatan 5 tahun yaitu dari tahun 2013-2017, dan uji koefisien determinasi bahwa 8,2% tax avoidance dipengaruhi oleh variabel independen yang ada di penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
tineke@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Financial distress, corporate governance, tax avoidance
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7821 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 02:28
Last Modified: 06 Feb 2020 09:51
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20932

Actions (login required)

View Item View Item