Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia periode 2015-2017)

Gunawan, Candra (2019) Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia periode 2015-2017). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan perusahaan serta membandingkan pengungkapan CSR antara perusahaan manufaktur Indonesia dan Malaysia. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017 dan Bursa Malaysia periode 2015-2017. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan CSR sedangkan variabel dependen adalah kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return on Assets (ROA), dan Earnings per Share (EPS). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 333 perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015-2017 dan 232 perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Malaysia selama tahun 2015-2017 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari laporan tahunan yang disajikan dalam website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan Bursa Malaysia (www.bursamalaysia.com). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh terhadap ROA, akan tetapi tidak memberikan pengaruh terhadap EPS perusahaan manufaktur Indonesia. Sedangkan pengungkapan CSR berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur Malaysia. Perbandingan pengungkapan CSR yang didapatkan melalui uji Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pengungkapan CSR pad perusahaan manufaktur di Indonesia dengan perusahaan manufaktur di Malaysia. Pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur Indonesia lebih tinggi dibandingkan pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur Malaysia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulia, Teodora Winda
NIDN0710127702
winda@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan CSR, ROA, EPS
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7827 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:50
Last Modified: 24 Jan 2020 07:50
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20937

Actions (login required)

View Item View Item