Pengaruh perceived of security dan social influence terhadap trust dalam adopsi pembyaran elektronik aplikasi Ayopop di Surabaya

Hartanto, Verawati (2020) Pengaruh perceived of security dan social influence terhadap trust dalam adopsi pembyaran elektronik aplikasi Ayopop di Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy

Abstract

Ayopop merupakan hasil produk dari PT Ayopop Teknologi Indonesia Ayopop merupakan perusahaan fintech yang bergerak di bidang elektronik payment. Seiring dengan persaingan industri e-payment yang semakin ketat maka penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Perceived of Security dan Social Influence terhadap Trust dalam adopsi pembayaran elektronik pada aplikasi Ayopop di Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan survei kuesioner kepada pengguna Ayopop di Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 140 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif dengan metode SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived of Security berpengaruh signifikan terhadap Trust. Perceived of Security berpengaruh signifikan Adoption pada aplikasi Ayopop di Surabaya. Social Influence berpengaruh signifikan terhadap Trust. Social Influence berpengaruh signifikan terhadap Adoption pada aplikasi Ayopop di Surabaya. Perceived of Security berpengaruh signifikan terhadap Adoption melalui Trust pada aplikasi Ayopop di Surabaya. Dan Social Influence berpengaruh signifikan terhadap Adoption melalui Trust pada aplikasi Ayopop di Surabaya. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu manajemen PT Ayopop Teknologi Indonesia diharapkan dapat terus melakukan inovasi dalam mengembangkan sistem keamanan pada aplikasi Ayopop sehingga dapat meningkatkan tingkat adopsi penggunaan aplikasi Ayopop di Surabaya. Manajemen PT Ayopop Teknologi Indonesia juga diharapkan dapat membuat program yang mendukung interaksi antar pengguna Ayopop seperti fitur transfer dana antar pengguna Ayopop dengan pemberian rewards poin. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan tingkat adopsi penggunaan aplikasi Ayopop di Surabaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: S2 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susanti, Christina Esti
NIDN0722076501
susantiesti@yahoo.com
Uncontrolled Keywords: Perceived of security, trust, social influence, adoption, e-payment
Subjects: Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 7786 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:23
Last Modified: 03 Mar 2020 02:23
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20957

Actions (login required)

View Item View Item