Pengaruh ukuran perusahaan, perencanaan pajak, tunneling incentive dan bonus plan terhadap transfer pricing pada perusahaan multinasional Indonesia dan Malaysia pada tahun 2016-2017

Kurniasari, Silvester Pascalia Indah (2020) Pengaruh ukuran perusahaan, perencanaan pajak, tunneling incentive dan bonus plan terhadap transfer pricing pada perusahaan multinasional Indonesia dan Malaysia pada tahun 2016-2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Chatolic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dunia di era globalisasi memperkuat persaingan global antar perusahaan. Hal tersebut menjadi ancaman yang cukup kuat bagi perusahaan, dalam hal ini perusahaan harus melakukan strategi dengan melakukan inovasi maupun dengan ekspansi agar dapat bersaing ditengah kuatnya persaingan usaha serta tetap mampu mempertahankan atau memperluas pasar. Pada upaya ekspansinya, perusahaan multinasional akan lebih mengarah untuk menjalankan bisnisnya dengan cara menerapkan rencana cost revenue profit yang mampu mengukur serta menilai kinerja pada tiap unit atau divisi, oleh karena itu untuk mengatasi kendala tersebut maka perusahaan multinasional umumnya akan menerapkan metode transfer pricing yang berguna sebagai alat transfer barang maupun jasa atas transaksi yang terjadi antar pihak yang berafiliasi yang mampu melingkupi berbagai wilayah kedaulatan negara Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan obyek penelitian yaitu perusahaan multinasional Indonesia dan Malaysia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bursa Efek Malaysia (MYX) dan perolehan data didapat dari laporan keuangan. Pemilihan sampel penelitian digunakan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan pengolahan data menggunakan analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif bagi perusahaan Malaysia sedangkan bagi perusahaan Indonesia dan perusahaan Indonesia-Malaysia tidak memiliki pengaruh, variabel perencanaan pajak memiliki pengaruh positif bagi perusahaan Indonesia sedangkan untuk perusahaan Indonesia-Malaysia dan Malaysia tidak memiliki pengaruh, variabel tunneling incentive memiliki pengaruh positif bagi perusahaan Indonesia dan Indonesia-Malaysia sedangkan untuk perusahaan Malaysia tidak memiliki pengaruh, variabel bonus plan tidak memiliki pengaruh bagi perusahaan Indonesia, Malaysia maupun Indonesia-Malaysia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Rahardjo, Hartono
NIDN8885560018
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Wongosari, Sofian
NIDN0714098905
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Transfer pricing, ukuran perusahaan, perencanaan pajak, tunneling incentive, bonus plan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7963 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 12:34
Last Modified: 27 Jan 2020 12:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21051

Actions (login required)

View Item View Item