Analisis financial distress dengan metode altman, springate, zmijewski, grover dan fulmer pada perusahaan sektor otomotif dan komponennya di bursa efek Indonesia

Wibowo, Yuri Prakoso (2020) Analisis financial distress dengan metode altman, springate, zmijewski, grover dan fulmer pada perusahaan sektor otomotif dan komponennya di bursa efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic Universitas Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (713kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan didirikannya suatu perusahaan adalah untuk menghasilkan laba dalam jangka panjang dimana peranan seorang manajer sangat penting bagi keberlangsungan hidup dan keberhasilan perusahaan. Pengelolaan perusahaan yang dilakukan oleh manajer dengan baik maka tujuan perusahaan dapat tercapai, namun apabila pengelolaan perusahaan dilakukan tidak baik maka perusahaan akan mengalami financial distress. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis financial distress dengan menggunakan metode Altman, Springate, Zmijewski, Grover dan Fulmer. Desain penelitian adalah penelitian deskriptif dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis dari kondisi keuangan perusahaan. Jenis data penelitian ini adalah kuantitatif berupa laporan keuangan perusahaan. Sumber data laporan keuangan diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia berupa data sekunder. Objek penelitian adalah perusahaan sektor otomotif dan komponennya periode 2014 -2018 di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data dengan cara menghitung, mengelompokkan dan menganalisis Financial Distress dengan menggunakan metode Altman, Springate, Zmijewski, Grover dan Fulmer baik analisis pertahun maupun per perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis Financial Distress dengan menggunakan metode Altman terdapat tiga perusahaan berada pada kondisi distress, metode Springate terdapat empat perusahaan berada pada kondisi distress, metode Zmijewski terdapat satu perusahaan berada pada kondisi distress tahun 2016, metode Grover terdapat empat perusahaan berada pada kondisi distress 2015-2018, metode Fulmer terdapat enam perusahaan berada kondisi distress. Maka dari itu, hasil analisis financial distress pada penelitian ini untuk masing-masing metode berbeda, karena masing-masing metode memiliki kriteria yang berbeda. Kata Kunci: Financial Distress, Metode Altman, Metode Springate, Metode Zmijewski, Metode Grover, Metode Fulmer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Lindrawati, Lindrawati
NIDN0726127301
lindrawati@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Metode Altman, Metode Springate, Metode Zmijewski, Metode Grover, Metode Fulmer.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7776 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:24
Last Modified: 27 Jan 2020 02:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21054

Actions (login required)

View Item View Item