Pengaruh pengungkapan lingkungan dan kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan

Diaz, Prima Wanda Sari (2020) Pengaruh pengungkapan lingkungan dan kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak repo.pdf

Download (919kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 repo.pdf

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5 repo.pdf

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran repo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan yang semakin ketat di era revolusi industri 4.0 menuntut perusahaan untuk memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pengungkapan lingkungan karena mengkomunikasikan aktivitas lingkungan yang dilakukan perusahaan akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan stakeholders. Selain itu, kinerja lingkungan yang dilakukan perusahaan dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan perusahaan akibat kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari kegiatan operasi. Hal ini juga berdampak terhadap legitimasi masyarakat sekitar bahwa perusahaan tidak hanya melakukan kegiatan operasinya tetapi juga menjaga keberlangsungan lingkungan agar tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan lingkungan dan kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan ukuran perusahaan, leverage, dan sistem manajemen lingkungan sebagai variabel kontrol. Pengungkapan lingkungan diukur menggunakan Indonesian Environmental Reporting (IER) Index, kinerja lingkungan diukur menggunakan PROPER yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2014 tentang PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup), serta kinerja keuangan yang diukur menggunakan profitabilitas berdasarkan Return on Assets (ROA). Selain itu, variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan diukur menggunakan Logaritma Natural Total Aset, leverage diukur menggunakan Debt to Equity Ratio (DER), dan sistem manajemen lingkungan diukur menggunakan penggunaan ISO 14001. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan lingkungan dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan sedangkan kinerja lingkungan, ukuran perusahaan, dan sistem manajemen lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Pikir, Toto Warsoko
NIDN8800001019
UNSPECIFIED
Thesis advisor
., Sofian
NIDN0714098905
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan lingkungan, kinerja lingkungan, kinerja keuangan, ukuran perusahaan, leverage, sistem manajemen lingkungan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7926 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:07
Last Modified: 27 Jan 2020 03:07
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21057

Actions (login required)

View Item View Item